Header Ads

test

Cara Menghubungkan PC ke Jaringan menggunakan ethernet - kursus komputer majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :


1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297


Cara Menghubungkan PC ke Jaringan menggunakan ethernet kursus komputer majalengka




1. Pastikan jaringan bisa bermanfaat dengan baik. Bagi menghubungkan komputer ke jaringan Internet, modem jaringan mesti terhubung ke keluaran internet (misalnya outlet kabel), dan ruter mesti terhubung ke modem. Kedua perlengkapan ini mesti dinyalakan.
  • Beberapa modem sudah menyertakan ruter bawaan.
  • Apabila kita tidak hendak jaringan internet dipakai untuk perlengkapan atau pemakai secara nirkabel, kita tidak perlu memakai ruter. Komputer dapat dihubungkan ke modem secara langsung.




2. Belilah kabel eternet andai Anda belum memilikinya. Kabel ini dibutuhkan untuk menghubungkan item jaringan (misalnya komputer atau ruter) ke modem atau ruter yang terhubung. Kabel eternet dapat dibeli di toko komputer atau di website jual beli daring (online) laksana Bukalapak atau Tokopedia.
  • Jika tidak memungkinkan untuk Anda untuk mengalihkan komputer, belilah kabel eternet yang panjangnya memadai untuk menghubungkan modem atau ruter ke komputer.
  • Panjang kabel eternet jangan melebihi 100 meter, dan batas maksimal panjang yang efektif biasanya ialah 90 meter.




3. Cari porta (port) yang tidak dipakai di ruter atau modem. Porta eternet berbentuk lubang persegi yang ada di unsur belakang ruter dan modem. Porta eternet pada ruter yang dapat digunakan seringkali akan diberi artikel "Ethernet" atau "Internet" di sampingnya. Ruter Anda barangkali menyediakan sejumlah porta yang bisa digunakan.
  • Modem pada umumnya melulu menyediakan satu porta "Internet" yang biasa dipakai untuk menghubungkan ruter ke modem.
  • Apabila komputer dihubungkan secara langsung ke modem di jaringan yang memakai ruter terpisah, cabut ruter itu dari porta eternet modem sebelum kita melanjutkan.



4. Carilah porta eternet di komputer. Periksa komputer dan cari porta eternet berbentuk persegi. Porta eternet komputer seringkali ditempatkan di unsur samping (pada laptop), atau di unsur belakang casing (desktop).
  • Apabila komputer tidak memiliki porta eternet, belilah adaptor USB ke eternet guna komputer tersebut.




5.  Hubungkan komputer ke modem atau ruter. Tancapkan di antara ujung kabel eternet ke porta modem atau ruter yang tidak digunakan, lantas tancapkan ujung yang beda ke porta eternet komputer.
  • Ujung kabel eternet dapat dipertukarkan sampai-sampai Anda dapat menggunakan unsur ujung kabel mana pun guna ditancapkan di komputer atau ruter.
  • Jika komputer tidak memiliki porta eternet, tancapkan ujung USB adaptor eternet ke di antara porta USB komputer sebelum kita menghubungkan komputer ke modem atau ruter.



6.  Tunggu sampai komputer terhubung ke internet. Setelah mendeteksi koneksi eternet, komputer bakal terhubung ke jaringan. Sebuah ikon berbentuk monitor komputer akan diperlihatkan di unsur kanan bilah tugas di lokasi yang sebelumnya ada ikon "Wi-Fi". Sekarang, Anda dapat menggunakan komputer guna menjelajahi internet.

Tips
  1. Eternet adalahopsi terbaik andai Anda hendak mendapatkan koneksi internet yang sangat konsisten dan cepat. Koneksi eternet sangat sesuai untuk hal-hal laksana bermain gim (game).
  2. Hampir seluruh masalah yang berhubungan dengan Wi-Fi dapat ditanggulangi dengan mengawali ulang komputer. Jika komputer tidak dapat terhubung ke internet sebab masalah perlengkapan lunak, perbuatan ini seringkali bisa menanggulangi masalah tersebut.

Peringatan
  1. Apabila perlengkapan keras jaringan (misalnya modem, ruter, dan/atau kabel) merasakan masalah, barangkali Anda tidak akan dapat terhubung ke jaringan yang diinginkan.
  2. Jangan memasukkan data sensitif laksana kata sandi atau informasi kartu kredit saat Anda memakai jaringan yang tidak ada tulisan "Secured" di bawah namanya.
Semoga Bermanfaat!

Tidak ada komentar