Header Ads

test

12 Cara Mengatasi Jaringan LAN Tidak Terdeteksi atau Connect - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

12 Cara Mengatasi Jaringan LAN Tidak Terdeteksi atau Connect 

Terdapat sekian banyak  jenis problem yang bakal dihadapi pada masalah jaringan LAN laksana terjadinya problem gangguan di komputer tersebut sendiri, gangguan pada jaringan local, gangguan koneksi jaringan global, dan sekian banyak  masalah lainnya. 

Sebelum memungut sebuah benang merah tentang problem apa yang sebetulnya terjadi, maka pastikan terlebih dahulu pada software yang Kamu pakai itu, apakah terhubung ke server atau komputer yang lainnya, atau ternyata software yang dipakai yaitu guna PC lokal atau stand alone.

Adapun software sering digunakan, berupa software dengan tipe client server, dimana nantinya tersebut membutuhkan jaringan data supaya komputer klien dapat terkoneksi ke server. 

Problem yang lumayan umum hadir yaitu koneksi antar server dan klien yang merasakan keterputusan, atau pun disebut tersendat. kursus komputer majalengka


Cara menanggulangi jaringan LAN tidak terdeteksi atau connect, dan lainnya.

Beberapa tahapan praktis yang perlu dilaksanakan untuk menanggulangi masalah Network adapter ini, seperti memeriksa sambungkan kabel, masalah laksana ini yang sangat tidak disadari oleh pemakai, pastikan dahulu kabel data bisa tercolok atau terhubung dengan sempurna. 

Hal lainnya yang butuh diperhatikan ialah pastikan lampu LED pada NIC dalam suasana menyala.

Apabila dalam suasana tidak demikian maka Kamu dapat mengerjakan cross periksa lampu LED pada port switch atau hub. 

Langkah mula lainnya yang butuh dilakukan ialah melakukan shutdown (bukan restart) sebab dengan mengerjakan shutdown kemudian membiarkannya sedangkan sekitar 1 menit maka bakal lebih efektif untuk mengerjakan refresh. 

Dengan begitu mudah-mudahan software klien server bisa terbangun pulang dengan mensinkronisasi kembali, andai masalahnya melulu disini maka jaringan LAN telah dapat digunakan seperti semula.

Akan tetapi andai belum, maka ada tidak sedikit hal inilah ini yang butuh Kamu ketahui dan perhatikan, sebab memang masalah jaringan LAN yang tidak terkoneksi (atau tidak terdeteksi) lumayan kompleks, serta terdapat sekian banyak  problem lainnya, berikut inilah ini penjelasannya.

 (Baca Juga: Kursus pemasaran digital)

1. Kegagalan kabel jaringan

Hal yang lumayan umum terjadinya dimana putusnya kabel jaringan atau mungkin sebab digigit fauna tikus. Problem ini memunculkan masalah jaringan yang mengakibatkan dapat pada satu blok gedung (karena kabel antar switch / uplink cable putus) maka menciptakan sebagian besar jaringan LAN komputer merasakan kegagalan backbone cable.
Umumnya pada user yang masih paling awam tidak menyadari kabel LAN tidak tercolok dengan sempurna pada komputer. 
Untuk tersebut yang butuh Kamu lakukan ialah mengecek koneksi kabel data, bilamana dari jauh tampak kabel data memang dalam suasana tersambung, maka jajaki tekan dahulu barangkali saja kabel data dalam suasana yang tidak tercolok dengan sempurna. ( Baca Juga : Mengatasi Kerusakan Prosesor, dan ilmu teknologi dan kebudayaan)

2. Kerusakan kabel dan konektor Jaringan

Kabel dan konektor mempunyai kegunaan sebagai penghubung komputer dengan komputer lainnya, Kabel dan konektor ini dipakai untuk menciptakan jaringan LAN, yang ada 3 model yakni yang kesatu kabel serat optik yang memakai konektor SC dan ST.
Untuk kehancuran atau masalah yang terjadi pada kabel dan konektor jenis serat optik jarang terjadi walaupun begitu Kamu tetap mesti merawatnya dengan baik.
Yang kedua, jenis Kabel UTP dengan konektor RJ45, dimana masalah yang sering hadir yaitu konektor yang tidak terpasang dengan baik, atau dengan kata lain yakni longgar. 
Masalah lainnya yaitu rangkaian kabel yang salah serta kabel merasakan putus. 
Untuk memahami masalah ini bisa diketahui dari lampu indikator, simaklah apakah hidup atau tidak pada Hub /switch. 
Model yang ketiga yakni jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC, dimana kabel jenis coaxial mempunyai keterampilan akses yang ternyata lumayan lambat dikomparasikan lainnya...
Kemudian pun tidak jarang terjadi masalah konektor yang longgar. Apabila terjadi masalah kehancuran pada kabel dan konektor jaringan, maka simaklah dahulu pada kabel, apa masih dapat digunakan lagi atau tidak. 
Apabila ternyata bisa, anda tidak saya dan anda butuh menggantinya, laksana yang rusak melulu konektornya saja, tetapi suasana kabel masih bagus, maka dengan demikian kita lumayan mengubah konektor-nya saja. (Baca Juga : Cara Mengatasi sound pc tidak bunyi, Repair windows 10 tanpa install ulang)

3. Kegagalan piranti jaringan

Terdapat sekian banyak  macam masalah dari kegagalan piranti jaringan seperti melulu terjadi kegagalan NIC-lan card, kegagalan switch pada komputer, atau yang lebih perumahan masalahnya yakni kegagalan pada switch central yang menghubungkan jaringan server.
Adapun andai Kamu melulu mengalami kegagalan lan card maka yang butuh dilakukan ialah mengubah dengan network card yang baru atau dalam suasana baik. ( Baca Juga : Atasi Lupa Password Laptop,  install windows 10 pakai DVD & Flashdisk ) 

4. Gangguan pada Hub/switch

Hub/switch berperan sebagai pembagi signal data untuk Network Card. Sehingga bilamana Hub mengalami kehancuran maka menyebabkan semua jaringan menjadi tidak bisa bermanfaat untuk bersangkutan antar workstation ataupun dengan server sekalipun.
Untuk mengetahui kehancuran pada Hub, maka dapat kita ketahui dari lampu indikator power pada masing-masing workstation.
Jika lampu indikator itu mati maka yang patut dicurigai ialah terjadinya kehancuran ada Hub itu.
Dimana lampu indikator yang mati itu menandakan bahwa komputer workstation dalam suasana tidak aktif, sebab terjadi gangguan pada komputer workstation tersebut.
Untuk mengatasinya tersebut maka butuh mengecek suasana HUB itu, apakah masih dalam suasana yang baik (hanya terjadi gangguan saja), atau justeru dalam suasana yang benar-benar rusak, sampai-sampai jika urusan tersebut terjadi maka mesti digantinya dengan HUB baru, atau juga dibetulkan bila masih bisa.

5. Masalah jaringan LAN sebab kegagalan system

Kegagalan system bisa jadi terjadi sebab adanya problem pada DHCP server, dimana clients tidak menerima IP address, selain tersebut juga terjadi problem pada system Directory Services yang menciptakan komputer clients tidak bisa login ke jaringan server utama.
Masalah lainnya pun yang perlu dibetulkan yaitu terjadinya problem pada register nama system DNS.

6. Tidak bisa sharing data

Masalah laksana ini bisa jadi besarnya sebab pada komputer itu fitur sharing data dalam suasana dinonaktifkan atau disable.
Sehingga yang butuh Kamu lakukan ialah mengaktifkannya. 



Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

7. Lakukan pemeriksaan  IP address

Problem IP address pada PC klien lazimnya terjadi sebab komputer tidak dapat untuk menemukan IP address dari DHCP server.
Untuk menanggulangi hal ini maka kerjakan hal simpel seperti menarik keluar kabel LAN, tunggu sejumlah saat kemudian menghubungkan / menancapkannya lagi. 



Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

8. Jaringan terpapar gangguan virus

Masalah laksana ini seringnya terjadi dengan system jaringan yang kebanjiran traffic, dimana tersebut karena ulah dari program virus.
Program virus itu menyerang system server, termasuk pun semua komputer yang tergabung ke dalam jaringan.
Dengan serangan virus tersebut menciptakan kinerja system jaringan menjadi berat, sehingga menciptakan lambat atau bahkan tidak bisa loading sama sekali pada sebuah kasus.
Untuk menanggulangi hal laksana ini yakni dengan merealisasikan best practice security policy, dimana Kamu mesti menyimak pertahanan system jaringan supaya kuat dari serangan luar. ilmu teknologi dan kebudayaan

9. Masalah koneksi jaringan lambat

Yang menjadi penyebab dari koneksi internet yang lambat seperti kegiatan sharing yang paling tinggi atau banyak, lantas juga dapat karena adanya gangguan dari program jahat laksana malware, virus, trojan dan spyware yang menyebabkan bandwidth (kapasitas) menjadi “jebol”.
Untuk mengatasinya maka dapat memanfaatkan program bandwidth management, yang bakal membuat saya dan anda bisa dengan mudah menata bandwidth supaya terus dalam suasana baik.
Kemudian juga pakai software ketenteraman untuk memblok serangan virus, spyware, dan program jahat lainnya. ilmu teknologi dan kebudayaan

10. Komputer tidak bisa terdeteksi oleh komputer lain

Masalah laksana ini hadir umumnya sebab masalah IP yang kosong.
Untuk itu, gantilah IP address supaya nantinya bisa terdeteksi oleh komputer yang lainnya.
Untuk TCP/IP ini adalahsebuah protocol menciptakan kumpulan sejumlah komputer supaya dapat saling terhubung dan bisa bertukar data pada sebuah network atau jaringan yang sudah dibuat.

11. Muncul pesan Network Cable Unplugged 

Pesan itu dengan kata lain bahwa jaringan kabel tidak terpasang, untuk tersebut Kamu butuh mengecek situasi kabel LAN. Jika memang tidak ditemukan problem sesudah mengecek, maka pergi mengarah ke menu Network Connection yang tempatnya di Control Panel. 
Lalu klik ganda pada Local Area Network yang merasakan masalah. Setelah tersebut klik pada tab Properti, pada jendela “Connect using” klik pada tab Configure. Kemudian hadir lagi jendela baru, klik Advanced.
Kemudian blok pada Link Speed/Duplex Mode, pada jendela dropdown yang terletak di sampingnya ubah nilainya tersebut. Untuk mengerjakan ini maka Kamu perlu mengerjakan percobaan pada satu per satu nilai yang ditawarkan, sampai akhirnya andai tepat maka LAN terkoneksi. kursus komputer majalengka


12. Muncul pesan System IP Conflict with other computer

Masalah laksana ini karena dirasakan ada IP address yang katanya sama. Kalau memang sudah diperiksa dan nyatanya seluruh bahwa IP address berbeda-beda. Maka kemungkinan sebab masalah ARP spoofing, ataupun ini sebab ulah dari virus atau program riskan lainnya. Bagi mengatasinya Kamu butuh mengecek tersebut semua, termasuk mengerjakan scan virus komputer. kursus komputer majalengka programer

Tidak ada komentar