Header Ads

test

Mengenal Komputer, Perangkat Komputer dan Fungsi dari Perangkat Komputer - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital


Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Mengenal Komputer, Perangkat Komputer dan Fungsi dari Perangkat Komputer 
Kursus Komputer Majalengka 


Siapa dari kamu yang tidak mengenal yang namanya komputer ? suatu alat yang bisa dipergunakan multi faedah ini sudah tidak sedikit dikenal seluruh kalangan umur tua, muda pun bahkan anak2 sekalipun.
Di era jaman modern seperti kini komputer sudah tidak sedikit dipergunakan diberbagai bidang kegiatan seperti di swalayan2, kantor, bank, sekolahan bahkan pertokoan sekalipun, telah menjadi tren masa sekarang setiap lokasi tinggal bahkan memiliki komputer dengan sekian banyak  jenis seperti, komputer dekstop, Laptop maupun Notebook. Meskipun terdapat yang sebatas mempergunakan komputer guna sarana hiburan laksana bermain game, memperhatikan musik, menyaksikan video dan masih tidak sedikit lainnya.

Definisi tentang definisi komputer sudah mengalami sejumlah kali perubahan mengekor perkembangan komputer tersebut sendiri, kata komputer berasal dari kata bahasa Yunani “Computare” yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata “com” berarti menggabungkan dalam benak atau secara mental, sementara kata “putare” berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa inggris ”To Compute” yang dengan kata lain menghitung. sementara menurut keterangan dari beberapa berpengalaman pengertian komputer ialah 

1. Pengertian menurut keterangan dari Robert H. Blissmer komputer ialah suatu perangkat elektronik      yang dapat melakukan 
  • sejumlah tugas laksana menerima input, memproses input, menyimpan perintah2 dan meluangkan output dalam format informasi.

2. Pengertian menurut keterangan dari Donal H. Sanderes komputer ialah sistem elektronik guna            manipulasi data dengan 
  • cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data
  • input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pemantauan suatu langkah-langkah instruksi 
  • program (sistem operasi) yang tersimpan di dalam penyimpanannya (stored program).

3. Pengertian menurut keterangan dari Williams, Sawyer komputer ialah mesin multiguna yang bisa        diprogram, yang 
  • menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya kedalam 
  • informasi yang dapat anda gunakan.


Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

Sedangkan untuk faedah komputer tersebut sendiri saya mengambil misal secara umum yakni sebagai sarana komunikasi, sarana guna mempermudah pekerjaan, sebagai perangkat hiburan, sarana usaha, sebagai sarana pendidikan, sarana pengendali (controling), sarana informasi dan masih tidak sedikit fungsi2 yang tidak tersebutkan. Maka dari tersebut jika dalam hal kegiatan dijaman seperti kini seseorang tidak dapat memakai komputer dan tidak mengetahui pelbagai fungsi komputer guna mempercepat kinerjanya akan paling menghambat dalam pekerjaan. Karena nyaris seluruh bidang pekerjaan banyak sekali menggunakan pertolongan sistem komputerisasi. Kursus Komputer Majalengka 

Komputer sendiri, pasti saja sama dengan mesin – mesin lainnya, membutuhkan tidak sedikit sekali komponen, alias perlengkapan keras supaya bisa bermanfaat dengan baik dan sempurna. Mungkin secara teknis anda tidak dapat menghitung terdapat berapa jumlah tepatnya komponen perlengkapan keras yang mesti dipakai untuk membina sebuah komputer. Kursus Komputer Majalengka 

Berikut ini ialah beberapa macam perlengkapan keras Internal, cocok namanya perlengkapan ini sedang di dalam komputer :



Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

1. Processor atau CPU

Perangkat keras kesatu dan yang adalahsalah satu urusan yang sangat penting dari suatu komputer ialah CPU atau Processor. CPU adalahkependekan dari Central Processing Unit, yang dari kepanjangannya saja telah dapat dijamin bahwa perlengkapan keras ini mempunyai peran yang paling vital untuk sebuah komputer. CPU adalahotak utama dari suatu komputer, yang dapat melakukan pemrosesan data secara keseluruhan. Fungsi berikut yang menciptakan CPU menjadi perlengkapan keras yang sangat vital di dalam suatu komputer. (Baca Juga : Pengertian Motherboard dan fungsinya & Ilmu Tentang Kebudayaan)

Fungsi CPU :

a. Pemrosesan informasi yang diterima dari input device
b. Sinkronisasi kinerja aplikasi dan hardware
c. Memproses data
d. Mendukung keperluan spesifik pemakai laksana desain dan game

Perkembangan CPU sampai saat ini lumayan pesat, di mula kepopulerannya anda mengenal CPU yang lumayan terkenal dari intel yakni intel pentium 1, 2, 3, 4, intel celeron, sampai saat ini telah ada processor berkecepatan tinggi yakni Intel i3, i5 dan i7. 

2. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah komponen komputer yang bertugas guna menyimpan dan mengolah kenangan secara acak, saat suatu program dijalankan. Dengan adanya RAM, maka urusan ini juga dominan ke dalam kinerja dan pun kecepatan sebuah komputer. Komputer tidak jarang hang ? Ingin Cara supaya laptop tidak lemot peningkatan RAM ialah hal yang umum di lakukan.
Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin baik pula keterampilan sebuah komputer dalam menghandle sebuah aplikasi. Berikut ini ialah beberapa kapasitas RAM yang biasa dipakai secara umum :
• 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB
Untuk komputer server kapasitas ram bisa dipasang mulai 32 gb, 64gb, atau bahkan 128 Gb, tergantung dari keterampilan CPU-nya.
Jenis Jenis Ram
• Ram DDR 1
• Ram DDR 2
• Ram DDR 3


3. VGA Card/ GPU/ Graphic Card

VGA Card, atau yang pun sering dikenal dengan GPU atau Graphic Processing Unit, atau yang pun sering dikenal dengan istilah Graphic Card atau Video Card, adalahperangkat keras komputer yang memegang peranan urgen dalam hal tampilan video dan pun grafis, laksana resolusi layar, kualitas ketajaman gambar, pewarnaan, dan pun 3D.
VGA Card tidak sedikit digunakan guna komputer yang memiliki keterampilan gaming dan pun desain, guna mendukung bentuk video 3D dan pun High Definition Display.

Fungsi VGA Card :

a. Membantu menciptakan desian grafis dan pun 3D design.
b. Grafik dalam bermain game menjadi lebih baik.
c. Tampilan layar menjadi lebih bening dan tajam.
d. Dapat mengkoneksikan laptop atau PC ke layar TV dengan memakai HDMI sampai-sampai 
    menghasilkan kalitas gambar yang baik.

4. Harddisk

Siapa yang tidak mengenal komponen perlengkapan keras komputer yang satu ini? Harddisk adalahsalah satu komponen perlengkapan keras komputer yang mempunyai peran yang sangat urgen dalam menyimpan data di dalam komputer. Musik, Film, dokumen, aplikasi dan juga tidak sedikit lagi file dapat disimpan pada harddisk komputer.
Biasanya harddisk pada komputer mempunyai kapasitas yang bervariasi, laksana :

• 160 GB
• 256 GB
• 500 GB
• 750 GB
• 1 TB
• 2 TB

Teknologi Harddisk Terbaru : SSD
SSD atau yang dikenal dengan kepanjangan Solid State Drive adalahsalah satu pengembangan baru dari teknologi harddisk. Apabila harddisk memakai piringan disk atau cakram guna menyimpan dan pun membaca data, maka SSD melulu mengandalkan chip saja guna menyimpan dan mengubah data, dengan built chip yang serupa seperti Flash Drive (flash disk). Dengan adanya teknologi SSD ini, maka dominan pada kualitas dari drive yang tidak gampang panas, dan lebih stabil dalam menyimak data. 

5. Motherboard / Mainboard

Semua perlengkapan keras dan pun komponen komputer tidak akan dapat menjadi komputer secara utuh dan juga bermanfaat dengan optimal bilamana tidak mempunyai perangkat yang satu ini. Motherboard atau mainboard adalahperangkat keras komputer yang berbentuk papan PCB, dimana pada papan tersebut, semua perlengkapan keras internal komputer, laksana CPU, RAM, Harddisk, dan semuanya ditempatkan.
Motherboard bakal menyambung semua faedah yang dipunyai oleh perlengkapan keras tersebut, sampai pada akhirnya suatu computer bisa bermanfaat dengan optimal.

6. Power Supply

Sebuah komputer pasti saja tidak dapat menyala dan juga bermanfaat dengan baik bilamana tidak memilik power supply. Power supply menolong menghantarkan arus listrik dari tegangan 220 Volt di rumah, supaya bisa mengobarkan CPU, yang nantinya bakal mengontrol borongan proses pada komputer tersebut.
Overvoltage dan pun undervoltage pada power supply (PSU) dapat mengakibatkan komputer menjadi tidak bisa menyala sempurna, dan berpotensi menciptakan CPU terbakar.
Karena itu, pemilihan power supply pun harus diperhitungkan, supaya sesuai dengan spesifikasi borongan komputer anda.

7. LAN Card

Fungsi LAN Card atau Ethernet atau NIC Card adalahkartu yang menjadi perlengkapan keras utama dalam pembuatan sekian banyak  jenis jaringan komputer. LAN Card memungkinkan masing-masing komputer dapat terhubung ke dalam suatu jaringan. Saat ini LAN Card telah menjadi standar protocol jaringan di semua komputer, sehingga nyaris semua komputer mempunyai LAN Card internal di dalamnya.
LAN Card pun dapat dinamakan sebagai perlengkapan keras jaringan komputer yang berperan urgen dalam implementasi sebuah konsep topologi jaringan komputer.
Dalam istilah yang sederhana, kamu tidak bakal dapat terkoneksi dengan sekian banyak  komputer lain, atau dengan jaringan internet atau LAN tanpa terpasang LAN card pada komputer anda.

8. Sound Card

Sesuai namanya, sound card adalahperangkat keras komputer yang memungkinkan speaker yang terhubung ke dalam komputer dapat mengeluarkan suara. Tanpa adanya sound card, maka komputer itu tidak dapat mengeluarkan suara.
Kualitas sound card bakal sangat memprovokasi kualitas suara yang terbit dari komputer. Anda dapat membuat komputer kamu mempunyai pilihan suara dengan kualitas laksana di dalam bioskop dengan memakai speaker home theater, atau lumayan menggunakan sound card standar guna speaker stereo biasa.
Soundcard ini adalahsalah aspek yang lumayan penting bagi kamu yang memakai komputer guna composing dan guna video atau film.

9. Cooling Fan

Jangan lupakan perlengkapan keras yang satu ini. Apabila perlengkapan keras yang satu ini tidak terdapat di dalam komputer anda, maka 100% komputer kamu akan merasakan over heating, alias kepanasan. Komputer yang merasakan over heat bisa menyebabkan kehancuran pada tidak sedikit komponen perlengkapan keras, khususnya processor. Karena itu, pemakaian kipas atau cooling fan paling diperlukan
Processor dengan spesifikasi tinggi pasti saja akan memerlukan pendingan yang lebih banyak.
Apa dampak dari komputer yang tidak mempunyai cooling fan ?

a. Komputer akan tidak jarang mati sendiri
b. Komputer tidak jarang hang
c. Komputer paling lemot
d. Kerusakan hardware lainnya

Selain perlengkapan keras yang berada dibagian dalam komputer, terdapat lagi tidak sedikit perangkat keras yang sedang di bagian luar komputer. Perangkat keras ini lantas dapat disambungkan dengan perlengkapan internal komputer, sampai menjadi shatu komputer yang utuh. Berikut ini ialah beberapa macam perlengkapan keras komputer lainnya : 

1. Display Unit / monitor
Perangkat keras kesatu yang akan anda bahas ialah monitor. Merupakan display unit dari hasil seluruh komponen internal komputer, laksana CPU, RAM, dan sebagainya. Semua informasi dari komputer, dan pun hasil kerja dari komputer akan diperlihatkan ke dalam layar monitor sebagai display unit.
Disini peran dari VGA atau graphic card dan aplikasi sistem operasi bekerja. Sistem operasi akan memperlihatkan display pada monitor, dengan kualitas display dan pun resolusi yang ditata oleh faedah dari VGA atau Graphic Card.
Saat ini pemakaian layar LCD dan pun LED adalahpemakaian umum yang tidak sedikit digunakan pada komputer dikomparasikan layar tabung. Berikut ini ialah keunggulan LED dan pun LCD pada monitor :

• Lebih irit tempat
• Hemat daya
• Memiliki kualitas gambar yang baik
• Mendukung layar monitor yang lebih lebar

2. Projector
Merupakan jenis perlengkapan keras output yang kedua, bermanfaat sebagai display pada komputer. Berguna guna memproyeksikan isi dari display komputer ke tembok atau media tertentu, laksana kanvas. Biasanya projector tidak sedikit digunakan guna presentasi dan pun menonton film, dan biasa dipakai di depan audience yang banyak.
Projector ini paling penting dipakai pada saat kamu sedang mengerjakan seminar dan persentasi guna jumlah peserta yang lumayan banyak.

3.Keyboard
Apabila digolongkan ke dalam jenis perlengkapan keras, maka keyboard adalahjenis perlengkapan keras yang bermanfaat sebagai input device. Keyboard bermanfaat untuk memasukkan dan pun memberikan perintah untuk CPU guna memproses sesuatu.
Kebanyakan faedah dari keyboard ialah untuk menciptakan word processing, dokumen, dan mengetik. Namun terdapat juga sejumlah perintah – perintah komputer yang dapat digunakan dengan memakai keyboard, seperti menata kecerahan layar, mengobarkan wifi, dan masih tidak sedikit lagi.

4. Mouse
Sama laksana keyboard, mouse pun adalahperangkat keras komputer yang bermanfaat sebagai input device. Mouse tidak sedikit digunakan guna menggerakkan kursor pada sistem operasi di dalam komputer. Saat ini mouse sudah tidak sedikit menggunakan teknologi wireless, sampai-sampai tidak memerlukan kabel lagi.
Pada komputer jenis laptop, pemakaian mouse dapat disubstitusi dengan perlengkapan keras yang mempunyai nama touchpad, tetapi terkadang pemakaian touchpad tidaklah semudah memakai mouse. Hal ini lah yang lantas membuat mouse masih menjadi input devices yang tidak sedikit diminati.

5. Joystik
Masih dari input device, joystick pun adalahsalah satu input device yang dipakai pada komputer. Meskipun demikian, seringkali joystick hanya dipakai untuk kebutuhan tertentu, laksana bermain game ataupun menggerakan kamera.
Penggunaan joy Stick sebagai perlengkapan keras komputer guna masyarakat umum di Indonesia barangkali masih paling terbatas. Bahkan tidak sedikit yang belum mengenal salah satu perlengkapan eksternal ini.
Namun bila kamu berprofesi sebagai gamer profesional serta rajin menciptakan video, kamu akan lebih fimiliar dengan perlengkapan keras eksternal komputer ini. 
Tidak seluruh komputer / notebook bisa terpasang komponen ini, diperlukan konektor yang sesuai supaya dapat mensupport pemakaian joy stick. Perkembangan jaringan komputer pun berperan urgen dalam pengembangan sekian banyak  konektor dan port yang dapat dipakai untuk perlengkapan keras ini.

6. Speaker 
Salah satu perlengkapan keras komputer yang pun penting, sebab dengan adanya speaker, maka kita dapat mendengarkan sekian banyak  macam output dari komputer, laksana lagu, film, dan pun notification dari sistem operangkat kerasi komputer.
Biasanya, speaker memiliki sejumlah tipe. Tipe sangat umum guna komputer ialah speaker 2.0 standar, dengan jumlah stereo dua speaker.
Ada lagi tipe speaker 2.1 yang seringkali menggunakan 2 buah speaker satelit dan satu buah subwoofer untuk menerbitkan suara bass. Untuk komputer dengan soundcard yang bagus, maka dapat saja menyokong konfigurasi speaker 5.1 atau dapat 7.1. Komputer jenis ini paling mendukung keperluan home theater, dan kualitas audio yang paling luar biasa.

7. Microphone 
Salah satu perlengkapan keras yang menyokong input device. Dengan adanya microphone, maka kamu bisa mengerjakan percakapan dengan memakai suara melewati fitur Internet Phone. Namun demikian, seringkali pemakaian microphone lumayan jarang digunakan, sebab lebih tidak sedikit pemakaian chatting tanpa suara.

8. USB flash drive/ Flash Disk
Saat ini telah menjadi salah satu perlengkapan keras yang paling penting. Dengan kapasitasnya yang cukup besar, dapat dibawa kemana – mana dan mendukung tidak sedikit sistem operasi, USB flash drive sangat sesuai untuk menggantikan faedah disket dalam membawa tidak sedikit data secara portable.
Dengan adanya USB flash drive, maka kamu dapat dengan mudah membawa dokumen dan pun data penting kamu kemanapun.

9. Portable Harddisk
Di samping USB Flash Drive, harddisk pun saat ini memiliki faedah prtable, alias gampang untuk diangkut – bawa. Kapasitas yang jauh lebih banyak daripada USB Flash Drive, menciptakan Harddisk dalam format eksternal ini menjadi paling praktis dan pun memudahkan kamu yang memerlukan tambahan kapasitas kenangan untuk menyimpan data – data urgen anda.

• Harddisk Eksternal tidak sedikit digunakan guna :
• Backup data
• Menyimpan data aplikasi game
• Menyimpan file movies dan pun musik

10. Bluetooth USB Dongle
Merupakan perlengkapan keras yang bentuknya paling kecil, tetapi bisa bermanfaat optimal. Bluetooth USB dongle bisa menyajikan koneksi Bluetooth pada komputer anda, sampai-sampai komputer kamu bisa mengerjakan proses transfer data memakai Bluetooth.
Konsep ini juga seringkali di implementasikan pun pada mouse komputer. Saat ini tidak sedikit mouse yang tidak memakai lagi kabel sebagai konektornya.
USB bluetooth ialah solusi untuk menambah efisiensi dalam pemakaian mouse supaya dapat di bawa kemana saja secara gampang dan dengan jarak yang bisa lebih jauh.

11. Touchpad
Merupakan perlengkapan keras lainnya yang adalahpengganti faedah mouse. Touchpad ialah salah satu perlengkapan keras yang mesti ada pada laptop. Namun demikian, terkadang pemakaian dari touchpad ini memang agak tidak cukup optimal, karena tidak sedikit yang merasa susah untuk menoperasikan komputer memakai touchpad. Hal ini terjadi, terutama saat membutuhkan kursor guna bermain game ataupun pun untuk menciptakan gambar dan desain tertentu.

Masuk ke bagian perlengkapan keras yang bersangkutan dengan konektor, maka anda akan mengejar perangkat keras kabel. Berikut ini ialah beberapa macam perangkatnya :

1. Kabel VGA

Seperti namanya, pasti kamu uga telah tahu faedah utama dari VGA Cable ini. Ya, faedah utama dari perlengkapan keras yang satu ini ialah untuk menhubungkan konektor VGA pada monitor dengan VGA card pada komputer. Dengan begitu, kamu bisa menyaksikan tampilan komputer kamu pada display atau layar monitor.
Di samping itu, VGA Cable juga dapat digunakan guna disambungkan ke dalam media output lainnya, laksana projector.

2. Kabel Power

Tanpa adanya power cable, maka sehebat apapun komputer anda, tidak akan dapat berfungsi. Power cable bermanfaat untuk meneruskan arus listrik pada rumah mengarah ke power supply komputer kamu pada PC.
Pada laptop, di samping dapat bermanfaat memperkecil arus voltase listrik yang masuk ke dalam laptop, power cable juga bermanfaat untuk mengerjakan charging pada baterai laptop anda.
Power ini seringkali yang dipakai untuk gampang kelihatan pada listrik di lokasi tinggal anda. Fungsinya paling vital sebagai distributor listrik ketika komputer kesatu kali digunakan

3. Kabel HDMI

HDMI atau high definition multimedia interface memiliki faedah yang serupa seperti VGA Cable. Yang membedakan ialah HDMI cable sudah menyokong kualitas HD atau High Definition, sekaligus menyokong suara. Jadi pada dasarnya, HDMI Cable jauh lebih praktis dan bermanfaat dibandingkan dengan VGA Cable, sebab mempunyai output HD dan diperbanyak dengan output suara.

4. Kabel UTP

Sering dinamakan sebagai Line Cable dan pun kabel LAN adalahperangkat keras berikutnya. Banyak dipakai untuk menciptakan jaringan komputer dan pun melakukan koneksi dual up melewati telepon.
Namun demikian, dampak berkembang pesatnya pemakaian modem memakai wireless, maka pemakaian kabel LAN ini telah jarang sekali digunakan. Sebagai di antara jenis kabel jaringan komputer, kabel UTP sangat urgen dalam menunjang pemakaian sekian banyak  konsep jaringan komputer modern.

Ada tidak sedikit macam dari perlengkapan keras jaringan komputer. Berikut ini ialah contoh dari sekian banyak  macam perlengkapan keras jaringan komputer :

1. Hub dan Switch 

Merupakan salah satu perlengkapan keras komputer standar dalam suatu jaringan komputer. Hub dan pun switch biasa dipakai untuk memecah – mecah jaringan local atau LAN di dalam satu ruangan.
Biasanya pemakaian hub atau switch ini tidak sedikit digunakan pada penciptaan jaringan yang mengimplementasikan topologi star, dimana bisa mengakomodir keperluan jaringan dari tidak sedikit sekali komputer client.

Fungsi HUB

• Memecahkan jaringan dari server mengarah ke komputer client atau user
• Mentransmisikan jaringan dari server
• Menjadi penguat sinyal transmisi paket data (pada smart hub)

2. Router 

Merupakan perlengkapan keras jaringan lainnya yang bermanfaat untuk menyerahkan jalan atau rute untuk sebuah jaringan mengarah ke lokasinya. Misalnya, kamu memiliki sejumlah access point atau komputer, maka dengan memakai router, kamu bisa menyetting paket data dari jaringan internet untuk mengarah ke ke arah komputer atau access point yang kamu inginkan saja.

Fungsi Router

a. Menghubungkan dua jaringan atau lebih dalam 1 alamat ip
b. Menghubungkan jaringan LAN

3. Access Point 

Merupakan perlengkapan keras jaringan komputer yang tidak sedikit digunakan secara personal. Access point dapat membuat suatu jaringan WLAN atau wireless LAN, dimana masing-masing komputer yang berdampingan dan masih berada pada jarak jangkau access point dapat menikmati koneksi jaringan LAN sekaligus jaringan internet secara wireless.
Access Point ini pun seringkali anda istilahkan dengan nama hotspot. Perkembangan jaringan komputer menciptakan pemakaian perlengkapan keras ini lumayan berkembang dengan pesat.
Banyak sekian banyak  organisasi / toko / mini market canggih yang memanfaatkannya untuk kebutuhan bisnis.

4.Modem 

Perangkat ini mempunyai dua faedah utama, yakni sebagai modulator dan pun demodulator. Secara fisik, modem bermanfaat untuk mengolah sinyal digital menjadi sinyal analog, dan lantas merubahnya berubah menjadi sinyal digital saat akan dipakai pada suatu komputer.
Saat ini sudah tidak sedikit sekali jenis modem yang bisa kamu peroleh, mulai dari modem wireless, modem USB stick, sampai modem yang pun memilki faedah sebagai access point, bahkan sebagai router. Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

Tidak ada komentar