Header Ads

test

Cara Melepas/Mengganti Keyboard Laptop dengan Mudah - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Cara Melepas/Mengganti Keyboard Laptop dengan Mudah

Cara melepas atau membuka keyboard laptop/notebook sebetulnya gampang-gampang susah. Kamu dapat mencobanya sendiri tanpa mesti membawanya ke service center. Kamu melulu perlu sejumlah alat dan bagian ke hati-hatian dalam melepasnya.

Kalau tidak hati-hati, pasti saja keyboard atau komponen lain dapat rusak dengan mudahnya. Seperti yang anda tahu, keyboard adalahsalah satu komponen yang rentan sekali rusak.

Mungkin kerusakan tersebut berupa di antara tombol tidak berfungsi, tombol terus mengurangi sendiri atau tidak tombol bobrok total (tidak dapat dipakai sama sekali).

 Cara Melepas/Mengganti keyboard laptop


Mengganti keyboard laptop pasti menjadi penyelesaian terakhir untuk membetulkan keyboard laptop yang rusak. Kalau anda memilih guna membawanya ke tukang reparasi tentu memerlukan biaya, maka bakal lebih baik andai melepasnya sendiri.  (Baca Juga : Pengertian Motherboard dan fungsinya & Ilmu Tentang Kebudayaan)

Secara sederhana, berikut ialah cara mengubah atau melepas keyboard laptop…

1. Pastikan Dudukan Keyboard dan Konstruksi Casing

Setiap laptop atau notebook pasti mempunyai struktur unsur yang berbeda-beda. Ada yang letaknya di kiri, ada pun yang di kanan. Termasuk pun untuk keyboard, terdapat strukturnya.

Untuk itu, usahakanlah untuk memahami posisi dudukan pada keyboard. Ini dapat memudahkanmu saat merombak dan meminimalisir kehancuran fatal.

Kalau anda asal dalam membongkarnya, maka dapat saja terdapat komponen yang rusak. Misalnya pada casing dan dudukan pengunci keyboard.
2. Jangan Dulu Membeli Keyboard

Sebelum menggantinya dengan yang baru, anda harus meyakinkan terlebih dahulu bahwa keyboardmu tersebut benar-benar bobrok atau tidak. Ini hanya format antisipasi, barangkali saja bukan keyboardnya yang rusak tetapi fleksibelnya. Dalam sejumlah kasus, luwes yang kendor dan tidak terpasang dengan benar dapat memengaruhi kinerja keyboard.
3. Lepas Keyboard dengan Hati-hati

Sebelum anda melepas keyboard, pastikan laptop dalam situasi mati (shutdown). Agar lebih safety, kamu dapat melepas baterainya juga.

Setelah aman terkendali, lepaslah keyboard dengan hati-hati. Mayoritas keyboard dipasang pada casing unsur atas, guna penguncinya banyak sekali terletak di samping atau unsur atas. Proses membuka pengunci dapat dilakukan dengan obeng minus kecil atau bekas kartu perdana (kalau belum punya obeng).

Akan tetapi, ada sejumlah merk laptop yang memasang baut ekstra untuk mengunci keyboard. Kalau ternyata laptopmu pun begitu, pastikan letak penguncinya terdapat dimana. Biasanya sih model yang begitu terdapat di bawah laptop.
4. Hati-hati, Jangan Tarik Keyboard Langsung

Ini sangat urgen untuk diperhatikan. Setelah pengunci terlepas, kamu tidak boleh tarik/angkat keyboardnya secara langsung. Di balik keyboard tadi, ada luwes yang masih tersambung dengan motherboard. Maka dari itu, lepas dulu fleksibelnya baru angkat keyboard dari body laptop. Kursus Komputer Majalengka

5. Bersihkan Area Dudukan Keyboard

Kamu dapat membersihkannya dengan kuas kering atau dapat juga dengan mini vacuum cleaner. Ini dapat membuat laptopmu menjadi lebih terawat. Kursus Komputer Majalengka

6. Pasang Fleksibel Keyboard Lama Kembali

Ini sebetulnya untuk meyakinkan sekali lagi, apakah keyboardnya benar-benar bobrok atau tidak. Kalau ternyata jadi, maka fleksibelnya kendor atau tidak terpasang dengan benar. Sedangkan bila keyboard masih tidak berfungsi, maka benar-benar terdapat kerusakan. Kamu butuh menggantinya dengan yang baru. Kursus Komputer Programer

7. Ganti dan Pasang dengan Keyboard Baru

Kamu mesti membelinya terlebih dahulu di toko komputer , tentunya simaklah terlebih dahulu model dan tipe keyboardnya. Setelah itu, pasanglah keyboard dengan hati-hati. Pastikan posisi keyboard dan luwes sesuai tempatnya. Kunci pulang keyboardnya seperti suasana semula.

8. Pasang Baterai, Lalu Nyalakan Laptop

Setelah semuanya telah terpasang dengan baik, maka selanjutnya anda harus mengobarkan laptop. Cobalah periksa dan cek keseluruhan keyboard.

Harusnya, keyboard bisa bermanfaat sebagaimana harusnya. Kalau terdapat yang bermasalah, segera kerjakan komplain atau retur dengan yang baru untuk penjual.

Cara-cara tersebut merupakan cerminan sederhana dari melepas keyboard laptop. Untuk teknik lengkap step by step kelihatannya belum dapat kami ulas ketika ini. Mungkin kami akan memodernisasi langkah-langkahnya (beserta gambar) di peluang yang bakal mendatang.

Itulah sejumlah cara melepas/mengubah keyboard laptop, semoga dapat membantu menuntaskan permasalahanmu kali ini.
Selamat mencoba,  😊😉!

Tidak ada komentar