Header Ads

test

Sejarah Komputer Dari Generasi Ke Generasi, Gambar Dan Penjelasan - Kursus komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital


Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297



Sejarah Komputer Dari Generasi Ke Generasi, Gambar Dan Penjelasan


Sejarah Komputer – Komputer adalah sebuah perlengkapan yang pada ketika ini telah tidak sedikit dipakai didalam kehidupan sehari- hari. Dengan adanya komputer ini dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan dari manusia, dapat memudahkan semua kegiatan yang dilakukan.

Hal ini memang telah terbukti dengan dipakainya komputer, apa lagi pada masing-masing lini kehidupan pada zaman canggih seperti ini. Tak dapat dipungkiri memang, andai manusia kini ini bakal lebih ingin bergantung pada komputer di dalam hidupnya.

Misalnya saja, kini ini komputer memiliki faedah untuk mengetik suatu surat dan dapat menjadikan jauh lebih tepat guna jika dikomparasikan menggunakan tangan saat menciptakan surat. Apabila anda salah dalam mengetik saat memakai komputer maka anda pun dapat langsung menghapus serta mengerjakan revisi.

Sedangkan untuk mencatat surat dengan tangan pada kertas, bilamana ada kekeliruan maka anda pun dapat menulisnya dari awal lagipula jika menulis menggunakan pulpen. Pada ketika ini pertumbuhan dari komputer makin canggih, sebab mengekor perkembangan dari jaman.

Akan tetapi, proses dari pertumbuhan dari komputer tidak serta- merta modern karena bakal ada tahapan- tahapannya. Komputer ketika ini memang telah jauh bertolak belakang dengan komputer dulu, dari sisi bentuk, kinerjanya dan pun komponen- komponen yang dipakai. Sebab komputer dahulu mempunyai ukuran yang dapat menguras satu ruangan melulu untuk menempatkan mesin komputernya.  (Baca Juga: Kursus pemasaran digital)
PENGERTIAN KOMPUTER 


Jika secara luas, definisi dari komputer ini dapat di definisikan menjadi sebuah perlengkapan elektronik dimana terdiri dari sejumlah komponen komputer. Yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan komponen lainnya, untuk untuk dapat menghasilkan informasi yang berdasar dengan program serta data yang data.

Istilah dari komputer ini sendiri menurut dari bahasa latin yaitu “computare”, yang mana memiliki alat hitung. Sebab pada mula mulanya penciptaan dari komputer ini dipakai untuk perangkat tolong yang terdapat untuk mengubah serta perhitungan angka. 

Pada dasarnya komputer tersebut mempunyai makna yang lumayan luas, bukan sekedar perlengkapan mesin dengan teknologi yang tinggi yang di dalamnya ada sekumpulan chip serta kabel yang terdapat di dalamnya. Namun, komputer ini adalahalat yang digunakan untuk dapat mengolah data, menurut keterangan dari perintah yang memang telah di rumuskan terlebih dahulu.

Sejarah dari komputer kini ini merupakan hasil dari perubahan yang sudah merasakan proses yang paling panjang dari zaman dahulu hingga sekarang. kursus komputer majalengka 

SEJARAH LENGKAP KOMPUTER


Komputer sendiri pun memiliki tidak sedikit sekali jenis, tidak saja sekedar komputer desktop dan pun laptop yang anda lihat sehari- hari. Namun pun akan merangkum seluruh perlengkapan dari elektronik, yang dapat digunakan untuk mengubah data yang mana menurut dari perintah yang sudah di tentukan sebelumnya oleh operator.

Sejarah dari komputer dari generasi kesatu sampai generasi selanjutnya memang telah tidak sedikit sekali perubahan. Bahkan tidak sedikit ilmuan yang sudah menemukan ragam macam faedah baru dari pemakaian komputer sendiri. Sehingga pada era teknologi ketika ini sudah paling ini, komputer memiliki faedah yang sudah dapat dialami oleh masyarakat di lini kehidupan.

Untuk sejarah dari komputer tersebut sendiri memang terbagi menjadi lima generasi, dimana masing- masing generasi komputer ini bakal jauh lebih jelas dengan memperhatikan penjelasan di bawah ini:

Penemu komputer kesatu kali

Charles Babbage merupakan orang yang kesatu kali mengejar komputer kesatu, dimana ia dikenal sebagai di antara penemu yang familiar dalam sejarah. Ia ini ialah seorang yang sudah tidak sedikit memberikan karyanya pada kehidupan manusia sampai saat ini. Difference engine no.1 atau yang tidak jarang kali anda sebut dengan mesin penghitung ini ialah temuannya.

Dimana menjadi di antara ikon yang paling terkenal di dalam sejarah. Babbage ini pun kerap dikenal dengan julukan bapak komputer. Dia pun menggunakan namanya guna menghargai jasa dari penemuan komputer dunia yang dilakukan, nama tersebut familiar dengan The Charles Babbage Foundation. kursus komputer majalengka 


Komputer generasi kesatu (1946 – 1959) tabung vakum


Tahun 1946 ialah tahun dibuatnya komputer pada generasi kesatu diciptakan dengan menggunakan tabung vakum guna dijadikan sebagai komponen dasar pembuatannya. Tabung vakum ini pun menjadi di antara komponen dasar memang dikenal sama sekali tidak tepat guna pada sejumlah aspek.

Sebab komponen ini memang cepat sekali panas pada ketika di pakai. Di samping itu, komponen ini pun akan membutuhkan daya listrik yang jauh lebih banyak dalam pengoperasiannya. Electronic numerical integrator and computer atau yang di singkat dengan ENIAC ini merupakan salah satu misal dari komputer generasi yang kesatu.

Untuk perlengkapan dari komputer generasi kesatu diciptakan oleh John mauchly dan pun J.Presper Eckert pada University of Pennsylvania. Mereka berdua ini memang membina ENIAC dengan menggunakan 18.000 dari tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki serat memiliki berat yang dapat menjangkau sekitar 30 ton.

Sejarah dari komputer generasi kesatu ini memang menjadi di antara digital elektronik yang digunakan sebagai keperluan yang sangat umum. Program dari ENIAC ini sudah di rancang semenjak tahun 1942 tetapi baru dibuka pada tahun 1943 dan pada tahun 1946 rancangan ini telah selesai.

Bentuk dari program ENIAC mempunyai ukuran yang paling besar, pada ketika peletakkan program ini saja akan membutuhkan ruang sebesar 500 m2. ENIAC ini pun menggunakan selama 75.000 relay dan pun saklar, 18.000 tabung hampa udara, 70.000 resistor, dan pun 10.000 kapasitor.

Pada saat mengawali pengoperasian, ENIAC ini membutuhkan daya listrik yang amat paling besar yaitu sekitar 140 kilo watt. Sedangkan bahasa yang digunakan pada komputer generasi yang kesatu ini adalahbahasa mesin. Bahasa ini bakal menjadi bahasa pemrograman yang amat paling dasar, selain tersebut bahasa ini juga melulu akan di memahami oleh komputer.

Dana yang dibutuhkan untuk dapat membuat perlengkapan komputer ini dapat mencapai tidak cukup lebih 1 juta dollar. Namun sayangnya keterampilan dari komputer generasi ini memang amat paling terbatas, sampai-sampai untuk dapat memecahkan sebuah masalah yang terdapat di dalam satu waktu.

Bahkan operator ini pun wajib menggunakan kartu berlubang atau punched cards, serta memakai pita kertas untuk dapat input. Untuk dapat melakukan output yang didapatkan akan berupa print out. Dengan menggunakan ongkos pembuatan yang paling fantastis, namun faedah dari komputer generasi kesatu ini memang belum maksimal.

Perangkat empuk dari komputer yang di kembangkan kesatu kali yaitu komputer dengan desain pesawat serta dengan memakai peluru kendali. Salah satu ilmuan yang mengerjakan pengerjaan konsep dari pengembangan tersebut merupakan Konrad Zuse yang adalahseorang insinyur dari Negara Jerman.

Sedangkan pada pertengahan tahun 1940, John Von Neuman ini turut ikut bergabung pada kesebelasan University Of Pennysylvania. Electronic discrete variable automatic komputer atau EDVAC yang adalahciptaan dari Von Neuman di tahun 1945, dengan menggunakan kenangan untuk dapat menampung dari program maupun data yang bakal di simpan.

Teknik yang laksana ini dapat saja bakal menjadikan komputer dapat berhenti sewaktu- masa-masa yang selanjutnya dalam mengerjakan pekerjaannya kembali. Arsitektur Von Neuman ini mempunyai peran utama yaitu sebagai unit pemrosesan sentral dari CPU. Dimana dapat seluruh faedah dari komputer yang di koordinasikan melewati satu sumber tunggal. Ciri- ciri dari komputer dari generasi kesatu merupakan CPU.

Di samping itu, komputer generasi kesatu memiliki ciri yang khusus, yaitu instruksi yang terdapat di dalam mengoperasikan yang diciptakan secara spesifik untuk sebuah tugas tertentu. Seluruh komputer memang mempunyai program laksana halnya kode-biner.

Sedangkan guna masing- masingnya pun sangat bertolak belakang disebut dengan bahasa mesin, sampai-sampai hal berikut yang menyebabkan program dari komputer susah untuk di programkan serta kecepatan dapat di batasi. (Baca Juga : Install Windows 7 Pakai Sistem Ghost, Memperbaiki Harsisk Yang Rusak )

Ciri-ciri komputer generasi kesatu:
  • Hardware dari komputer mempunyai ukuran jasmani yang jauh lebih banyak serta memerlukan ruang yang luas.
  • Instruksi operasi memang diciptakan secara spesifik guna mengerjakan tugas tertentu.
  • Untuk program melulu dapat diciptakan dengan menggunakan bahasa mesin.
  • Komputer pun mempunyai silinder magnetic untuk menyimpan data.
  • Memakai simpan luar magnetic disk dan pun magnetic tape.
  • Memerlukan daya listrik yang paling besar.
  • Perlu perangkat pendingin sebab cepat panas.
  • Memiliki daya simpan yang kecil.
  • Kinerjanya tidak cukup cepat.
  • Memakai konsep stored program dengan menggunakan kenangan utama yaitu magnetic core storage.
  • Tabung hampa sebagai sirkuitnya, tabung hampa berikut yang menjadikan ukuran dari komputer saat tersebut mempunyai ukuran yang amat besar.
Untuk central posecessing unit yang terdapat pada komputer generasi kesatu merupakan mesin kesatu yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem komputer. Sedangkan guna program yang utama ialah machine language. kursus komputer majalengka 

Komputer generasi kedua (1959 – 1965) transistor


Tahun 1959 komponen untuk menciptakan komputer memanfaatkan teknologi transistor, dimana tabung vakum yang berperan sebagai komponen pada komputer generasi kesatu telah tergantikan dengan adanya teknologi transistor. Sebab komponen ini bakal dinilai menjadi jauh lebih tepat guna jika dikomparasikan dengan tabung vakum.

Komputer dengan memakai komponen dasar transistor, memiliki ukuran yang lebih kecil bila dikomparasikan tabung vakum serta daya listrik yang dibutuhkan juga lebih kecil untuk dapat mengoperasikannya. Biaya untuk penciptaan komputer dari generasi kedua ini pun akan jauh lebih terjangkau, bila dikomparasikan dengan pemakaian tabung vakum pada generasi kesatu.

Di samping itu, pada komputer generasi kedua bahasa pemrogaman pun sudah di kembangkan. Jika sebelumnya memakai bahasa mesin, lalu guna selanjutnya bisa di gantikan dengan memakai bahasa Assembly maupun bahasa simbolik. Dengan memakai bahasa pemrogaman inilah, maka programmer bakal dapat menyerahkan instruksi dengan menggunakan kata-kata.

Bahkan komputer generasi kedua ini telah tidak sedikit digunakan pada sejumlah instansi, universitas, perusahaan dan pun pemerintah. Karena penemuan komputer pada generasi kedua ini mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil sampai-sampai dimana dinamakan dengan transisi.

Mesin yang kesatu kali menggunakan teknologi teranyar ini merupakan super komputer. IBM pun sudah menciptakan super komputer dengan nama Stretch dan pun Sprery-rand dan pun menjadikan komputer dengan nama LARC. Sejarah komputer ini dikembangkan di laboratorium dengan energi atom, dapat mengatasi sebanyak besar data dimana ini keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.

Harga dari mesin ini memang paling mahal serta ingin terlalu kompleks, dimana menjadi keperluan dalam komputasi bisnis sehingga dapat menjadikan keterbatasan didalam ke populerannya. Hanya ada 2 LARC yang telah terpasang serta digunakan, yang kesatu terdapat di California tepatnya di Lawrence radiation labs di Livermore dan pun ada di Washington D.C di tempat US Navy research and development center.

Di mula tahun 1960 an, telah berlahiran sejarah komputer yang terdapat pada generasi kedua yang telah sukses meluncur pada bidang bisnis, yang terdapat di universitas maupun di pemerintah. Komputer generasi kedua ini pun mempunyai komponen yang dapat digabungkan dengan komputer ketika ini.

Misalnya saja printer, memory, penyimpanan yang terdapat dalam disket, program dan pun sistem operasi. Salah satu misal yang urgen pada komputer pada masa kini yakni tipe IBM 1401 yang memang telah diterima dikalangan industri secara luas.

sedangkan pada tahun 1965, nyaris dari semua bisnis- bisnis besar menggunakan komputer pada generasi kedua pada ketika memproses informasi dengan finansial bisnis. Program yang telah dijalankan pun sudah tersimpan dalam komputer serta bahasa pemrograman yang sedang di dalamnya juga dapat lebih luwes pada komputer.

Fungsi dari komputer yang terdapat pada generasi kedua ini seringkali hanya digunakan untuk perhitungan ilmiah saja. Sejarah komputer yang terdapat pada generasi kedua ini telah memiliki tempat pada sistem penyimpanannya sendiri.

yakni dengan kapasitas kenangan utama yang didapatkan dari magnetic core storage serta memakai format simpanan luar yang magnetic disk dan pun magnetic tape. Jika dikomparasikan dengan tabung, transistor ini memang bakal jauh lebih gampang dan juga tepat guna menjadi switch serta dapat diperkecil sampai skala mikroskopik.

Sedangkan pada tahun 2002, semua peneliti intel sudah memperkenalkan silikon ini dalam format yang sangat kecil dan pun paling cepat di dunia. Dimana ukurannya selama 20 nm maupun seimbang dengan ukuran sepermiliar meter. Dimana dapat dipakai pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz. (Baca Juga : Ilmu tentang Kebudayaan, Cara Perbaiki RAM yang Rusak atau Error )

Ciri-ciri komputer generasi kedua:
  • Telah menggunakan operasi didalam bahasa pemrogaman pada tingkat tinggi fortran dan cobol.
  • Kapasitas untuk kenangan utama pun sudah di kembang dari magnetic core storage.
  • Menggunakan tabungan luar laksana magnetic tape dan pun magnetic disk.
  • Mampu untuk mengerjakan proses real time dan pun real sharing.
  • Ukuran jasmani juga telah jauh lebih kecil bilamana dibandingkan dengan komputer di generasi kesatu.
  • Kinerjanya pun mulai lebih cepat, dimana telah dapat mengerjakan jutaan operasi sekitar per detik.
  • Daya listrik yang dibutuhkan juga jauh lebih kecil.
  • Orientasi pemakaian program ini pun tidak lagi terpaku pada software bisnis tetapi sudah pada software teknik.
Pada zaman komputer generasi yang kedua ini pun mendalam mula dari timbulnya mini computer yang menjadi komputer terbesar nomor dua didalam family komputer. Harga pun akan jauh lebih murah bilamana dibandingkan dengan generasi yang kesatu.

Komputer mini computer yang kesatu ialah DEC PDP-8 pada tahun 1964 guna guna pengolahan data komersial. Sedangkan jenis dari komputer lainnya pun sudah hadir pada generasi ini yaitu UNIVAC SS80, SS90, 1600, 1400, 7070, 7080 dan pun UNIVAC III.

Kelebihan yang di miliki oleh komputer zaman ini terdapat pada segi bentuknya, sebab memang jauh lebih tepat guna karena tidak terlampau besar laksana sebelumnya. Komputer yang terdapat di dalam generasi ini jauh lebih luas didalam penerapan kehidupan. Seperti pada aspek kesehatan, industri, edukasi dan beda sebagainya.

Namun komputer ini masih mempunyai kekurangan yakni pada segi transistor yang mana tidak sedikit menghasilkan panas yang cukup besar sampai-sampai akan paling berpotensi merusak sejumlah bagian internal komputer yakni laksana quartz rock atau batu kuarsa.

Bahasa assembly ini tidak jarang kali memakai kode-kode semacam singkatan yang mana mengubah kode biner. Komputer ini juga dapat menghitung susunan gaji, mencetak data, mendesain produk sampai-sampai komputer generasi kedua ini menemukan kesuksesan di pasaran. kursus komputer majalengka 


Komputer generasi ketiga (1965 – 1971) integrated circuit


Generasi Komputer ketiga dimulai pada tahun 1965, pada masa tersebut komputer diciptakan menggunakan Integrated Circuit (ICs). Teknologi sirkuit terintegrasi ini, menggeser peran transistor sebagai komponen dasar komputer pada masa itu. Tapi transistor masih tetap digunakan, melulu saja ukurannya telah diperkecil. Beberapa transistor berukuran kecil tersebut, ditaruh pada suatu IC, bareng dengan resistor dan pun kapasitor.

Jack Kilby ialah seorang insinyur listrik, yang sukses mengembangkan IC kesatu kali. Dari penemuannya itu, Jack Kilby diserahkan hadiah nobel. Karena temuannya tersebut, sukses meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer secara signifikan. Integrated Circuit ini juga sukses membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Komputer generasi ketiga menjadi komputer kesatu, yang memungkinkan operator berinteraksi dengan memakai keyboard, serta monitor dengan tampilan sistem operasi di dalamnya. Di samping itu, komputer pada generasi ini menghabiskan ongkos pembuatan yang lebih murah, sehingga dapat di jangkau oleh masyarakat umum.

Komputer generasi ketiga ialah perkembangan yang melewati tahap yang paling pesat dari pertumbuhan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga hadir sejak era 1964-1970 an. Dalam pemakaiannya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, menciptakan komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Kemudian di antara seorang ilmuwan mempunyai nama Jack Billy, mengupayakan kembali mengerjakan penelitian. Pada generasi ketiga berikut sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi di antara ciri utama. Karena mulai tak asing dan tidak sedikit digunakan pada sebuah perlengkapan komputer sampai generasi sekarang.

IC diciptakan kesatu kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semi konduktor pada tahun 1959 yang berisi melulu enam transistor saja. Bisa anda coba bandingkan dengan prosesor ketika ini yang kita pakai telah mempunyai jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.

Bahkan telah di desain prosesor yang memiliki miliaran transistor. Perkembangan ini memang paling luar biasa lagipula dengan masa yang tidak cukup dari separuh abad.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:

  • Listrik yang dipakai jauh lebih hemat.
  • Software bakal jauh ,lebih meningkat.
  • Harga pun kian terjangkau.
  • Memori pun mempunyai kapasitas yang jauh lebih banyak serta tidak dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Kecepatan pun juga sudah menggunakan IC sampai-sampai kinerja komputer pun bakal jauh lebih cepat dan tepat.
  • Memiliki kecepatan yang nyaris 10.000 kali jauh lebih cepat di banding komputer generasi kesatu.
  • Komputer sudah dapat untuk mengerjakan multiprocessing dan pun multitasking.
  • Komputer pun sudah menggunakan terminal visual display serta dapat mengeluarkan suara.
  • Memakai media penyimpanan luar yaitu disket magnetic yang mempunyai sifat pengaksesan data secara random atau acak dengan adanya kapasitas yang lumayan besar.
  • Mampu untuk mengerjakan komunikasi dengan komputer yang lainnya.
Komputer yang dibuat pada generasi ketiga yaitu PDP-11, PDP-8, 7000, NCR Century, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 7700, 6700, UNIVAC 1108, IBM S/360, CDC 3000, 6000 dan pun GE 600. Itu seluruh adalahkomputer yang mana hasil buatan dari pabrik digital equipment corporation.

Jadi dapat di pastikan andai ukuran dari komputer jauh lebih sederhana dan pun kecil. Bagi komputer generasi yang ketiga ini memang bakal jauh lebih cepat pada sektor sistem operasi serta bisa menjalankan beberapa program dengan bersamaan. kursus komputer majalengka 


Komputer generasi keempat (1971 – Sekarang) microprosesor

Komputer yang telah kita gunakan pada ketika ini, merupakan komputer dengan generasi keempat, yang mana pada generasi keempat ini akan diciptakan dengan memakai komponen dasar yang memiliki nama Microprosesor. Chip microprosesor ini di dalamnya mempunyai ribuan transistor serta sejumlah macam unsur sirkuit yang lainnya dimana saling terhubung menjadi satu.

Intel ini memang menjadi suatu perusahaan yang sangat dominan dalam pertumbuhan dari chip microprosesor. Sebab mereka ini sukses menciptakan intel 4004 chip yang adalahlangkah mula perkembangan dari komputer dari tahun ke tahun. Perusahaan dari intel sendiri sudah sukses menggantikan komponen komputer yang mempunyai ukuran besar yang ketika ini telah menjadi paling kecil dan jauh lebih efisien.

Sedangkan pada tahun 1971 IBM ini membuat komputer yang memang sengaja didesain khusus untuk kalangan rumahan. Sedangkan guna Apple mempublikasikan Macinthos guna kesatu kali di tahun 1984, yang adalahsebuah sistem operasi guna mengoperasikan dari perlengkapan komputer.

Tidak hingga disitu, sebab perkembangan dari komputer pun bakal terus berlanjut ke tahun berikutnya. Sehingga bermunculan sebuah gagasan untuk dapat membuat jaringan komputer, lalu dapat mengarahkan pada ditemukannya internet yang sekitar kita pakai saat ini.

Banyak sekali peradaban yang paling pesat yang terjadi pada komputer generasi ke empat ini dimana telah di ciptakannya mouse, GUI atau graphical user interface hingga komputer jinjing yang tidak jarang disebut sebagai laptop. Dari tahun 1970 ini memang hadir 2 pertumbuhan yang selalu dipandang menjadi komputer dengan generasi ke empat.

Untuk yang kesatu, pemakaian large scale integration atau LSI yang tidak jarang kali dinamakan dengan nama Bipolar large scale integration. LSI ini ialah sekumpulan pemadatan dari ribuan IC, yang mana dijadikan menjadi satu pada suatu keping IC yang mempunyai sebutan sebagai chip.

Istilah dari penyebutan chip ini kerap digunakan dalam mengindikasikan suatu lempengan yang memiliki format persegi empat yang dapat memuat susunan terpadu IC. LSI ini lalu dapat dikembangkan lagi menjadi very large scale integration atau VLSI yang dapat menampung tidak cukup lebih puluhan ribu yang bahkan hingga ratusan ribu IC.

Sehingga dikembangkan lagi untuk dapat menjadi komputer mikro dimana menggunakan semi konduktor serta mikroprosesor yang memiliki format seperti chip untuk dipakai menjadi kenangan komputer internal guna sementara. Sedangkan yang dipakai pada generasi yang sebelumnya ini melulu memakai magnetic core storage.

Pada tahun 1972 perusahaan ini memang sudah membuat mikrokomputer 4 bit dimana sudah menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang mempunyai isis 230 transistor serta dapat berjalan pada 108 KHz serta dapat melakukan eksekusi hingga 60.000 operasi sekitar perdetik.

Kemudian tetap berlanjut sampai tahun 1972, dimana intel ini mempublikasikan nama 8008 yang dapat untuk memproses 8 bit informasi melulu dengan satu masa-masa saja. Bagi yang berikutnya ini bakal di lanjutkan dengan mikroprosesor 8080 yang pembuatannya terdapat di tahun 1974. Dimana menjadi prosesor yang mempunyai tujuan umum kesatu yang dapat sukses untuk di kembangkan.

Apabila sebelumnya guna prosesor 4004 dan pun 8008 memang sengaja di rancang melulu untuk keperluan dari software tertentu saja, serta prosesor 8080 yang memiliki kinerja dengan keterampilan yang jauh lebih cepat dan pun mempunyai set intruksi yang jauh lebih kaya dan dapat untuk lebih dalam masalah alamat yang jauh lebih besar. guna komputer yang terdapat pada generasi keempat ini memiliki tampilan monitor yang masing menggunakan satu warna yaitu hijau.

Komputer yang terdapat pada generasi keempat merupakan Visi Calc, Apple II, Apple I PDP-11, IBM 370 dan pun yang telah menggunakan prosesor intel 8080 dengan memakai sistem operasi control program for microprosesor. Yang menggunakan bahasa pemrogaman Microsoft basic. 

Ciri-ciri komputer generasi keempat:

  • Dapat memakai LSI atau large scale integration.
  • Sudah dikembangkan menjadi komputer mikro yang sudah menggunakan semikonduktor dan pun mikro processor yang memiliki format seperti chip untuk kenangan komputernya.
Untuk dipakai sebagai daftar jika komputer- komputer yang terdapat pada generasi keempat ini memang sama sekali tidak satupun yang PC- compatible maupun macintosh- compatible. Sehingga yang terdapat pada generasi ini memang belum memiliki standar untuk suatu komputer personal computer atau PC.

Dari istilah PC atau personal computer inilah, yang mengartikan andai komputer mulai di pasarkan pada sektor perorangan. Yang tentunya tidak bakal sampai disitu saja, akan hadir perangkat komputer teranyar yang jauh lebih gampang untuk diangkut kemana-mana laksana laptop. kursus komputer majalengka 


Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan) Artificial intelligence



Komputer yang terdapat pada generasi kelima ini sebenarnya memang masih pada etape pembangunan. Dimana komputer generasi ini nantinya akan memiliki teknologi yang akan diciptakan dengan menurut dengan kecerdasan produksi atau artificial intelligence.

Pengembangan dari komputer generasi kelima ini pun mempunyai tujuan untuk dapat menghasilkan sebuah perlengkapan komputer yang dapat merespon, apa yang di input pun memakai bahasa yang dipakai oleh manusia. Bukan melulu itu saja, komputer generasi ini diinginkan untuk bisa mempelajari lingkungan yang terdapat di sekitarnya dan dapat menyesuaikan dirinya sendiri.

Kunci utama untuk dapat mengembangkan komputer pada generasi kelima ialah komputer kuantum, molekuler dan pun nano teknologi. Sehingga komputer ini pun bisa mempunyai kepintaran dalam produksi yang setara dengan kepintaran dari manusia. Generasi kelima ini pun mempunyai ciri khusus laksana halnya generasi yang sebelumnya.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  • Komputer masih menggunakan teknologi LSI yang tentunya akan mempunyai tidak sedikit pengembangan.
  • Komputer mempunyai fitur yang semakin tidak sedikit setiap tahunnya.
  • Akan jauh lebih cepat guna pemrosesan informasi.
Secara prinsip ciri dari komputer pada masa ini yang bakal datang memang jauh lebih modern dan harga guna mendapatkannya pun lebih murah. Serta komputer mempunyai keterampilan untuk mendengar, melihat, berkata dan jauh lebih modern lagi. Bahkan bisa membuat benang merah layaknya manusia.

1 komentar: