Header Ads

test

Konfigurasi Topologi Star di Cisco Packet Tracer part 1 - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Konfigurasi Topologi Star di Cisco Packet Tracer part 1




Pada peluang kali ini saya akan menciptakan simulasi dari suatu topologi start, konfigurasi nya saya buat memakai program e-learning dari perusahaan Cisco Systems, Inc. tentu kalian telah tidak asing lagi dong dengan program tersebut. Untuk tersebut tidak usah panjang lebar, anda langsung ke topik utama saja. (Baca Juga: Kursus pemasaran digitalkursus komputer programer)

Dibawah ini saya akan menciptakan tutorial konfigurasi topologi start memakai cisco packet taracer, dengan peraturan sbb:

Device yang digunakan:

  • 5 Client dan 1 Switch
IP Yang Digunakan:
Karena ini melulu topologi start yang paling sederhana, dan melulu terdiri dari 5 CLIENT yang saling terhubung satu dengan yang lainnya saya melulu menggunakan ip denga subnet mask /29 di IP class C supaya pemakaian ip lebih optimal dan tidak terjadi tidak sedikit kemubaziran IP. kamu dapat menggati ip sesuai kemauan dan kebutuhanmu. ( Baca Juga : Cara Perbaiki Komputer yang tidak menyala,  Cara Mengatasi sound PC Tidak menyala )


IP Address yang digunakan



Langkah-Langkah Konfigurasi Topologi Start :
  1. Susun device dan hubungkan setiap device Client memakai kabel Straight-Over anda juga dapat menggunakan kabel otomatis (Automatically Connection Type).   

  2. Konfigurasi ip address, masukkan ip pada setiap device client. Kalik device Client > masuk tab Desktop > masukkan IP. 

  3. Pengetesan, setelah seluruh konfigurasi selesai. Kita kerjakan tes apakah seluruh device telah terkoneksi satu dengan lainnya atau belu.
  4. Klik device Client > masuk tab Desktop > Ping IP. Jika sukses maka hasilnya bakal Reply. 

  5. Tes kirim paket
  6. Klik Add Simple PDU atau klik “P” pada keyboard > kemudian klik Device yang mengirim dan yang bakal menerima paket. Jika sukses maka hasilnya bakal Successflul. 


Caranya sangat gampang bukan!! Sekian tutorial konfigurasi topologi startnya, semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba!! kursus Komputer Majalengka

1 komentar:

  1. Bagaimana cara mengetes konektivitas antar perangkat di dalam topologi star di Cisco Packet Tracer?

    BalasHapus