Header Ads

test

Komputer Restart Tanpa Peringatan?? Ini Dia Cara Memperbaikinya - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Komputer Restart Tanpa Peringatan?? Ini Dia Cara Memperbaikinya..




Apakah komputer anda sering restart atau reboot secara otomatis tanpa peringatan?? Menyebalkan bukan, andai kamu sedang bekerja kemudian tiba-tiba komputer restart dan anda harus mengulang kegiatan kamu. Ada banyak dalil kenapa komputer dapat restart secara otomatis tanpa pengumuman atau peringatan. Bisa jadi tersebut karena kekeliruan hardware, overheat, Windows Update atau menghentikan error system.

Kamu mesti memahami penyebab komputer restart secara tiba-tiba dan baru lantas kamu dapat memperbaiki komputer kamu. Apakah saat restart komputer anda muncul BSOD? Apakah komputer anda terlalu over heat? Apakah komputer anda baru saja update driver? Atau komputer Windows anda baru saja update? Jika terdapat salah satu permasalahan yang anda alami laksana halnya di atas, kamu dapat memperbaiki komputer dengan mudah. Berikut ini WinPoin berikan tutorial teknik memperbaiki komputer yang restart secara otomatis. (Baca Juga : Pengertian Motherboard dan fungsinya & Ilmu Tentang Kebudayaan)

1# – Restart Setelah BSOD atau Menghentikan Error System

Untuk menangkal software atau masalah driver yang menciptakan komputer anda restart sendiri secara berulang-ulang sesudah menghentikan error, kerjakan seperti di bawah ini. Kamu membutuhkan hal ini untuk menyimak error code, yang mana nantinya dapat kamu pakai untuk membetulkan masalah ini.

Buka Win+X andai kamu memakai Windows 8.1 dan pilih System. Kalau anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8, kamu dapat menggunakan shortcut Win+Pause/Break.



Setelah tersebut klik Advanced system settings, tab Advaced dan klik Settings pada menu Startup and Recovery.



Kemudian hilangkan tanda centang pada menu Automatically restart, klik Appy dan terbit dari window tersebut.



Sekarang andai Windows anda crash atau bakal menghentikan error, komputer tidak bakal restart dengan sendirinya dan akan memperlihatkan pesan error yang bakal membantu anda untuk memahami masalah yang terjadi.


2# – Reboot Ketika Hardware Failure

Hardware failure atau ketidakstabilan system dapat mengakibatkan komputer restart secara otomatis. Biasanya masalah ini mencantol RAM, Hardisk, Power Supply, GPU internal atau external dan sebagainya, atau dapat jadi overheat atau masalah BIOS.

RAM: Untuk memeriksa RAM yang rusak, kamu dapat menggunakan ISO Memtest86+, burn dalam CD dan booting dari komputer kamu. Kemudian jalankan Memory Diagnostic guna 8 atau 9 passes, dengan begini bakal mengetes RAM kamu. Bahkan andai ada sala satu RAM atau slot DIMM yang rusak. Kamu dapat menjalankan memtest dengan satu RAM atau satu slot. Periksa manual Motherboard untuk menyaksikan voltase dan timing yang tepat di BIOS. Periksa pun apa RAM tersebut sesuai dengan motherboard.


Hardisk: Untuk memeriksa Hardisk, cari tahu brand  atau brand hardisk yang kamu pakai dan pergilah ke website perusahaan tersebut. Kebanyakan perusahaan tersebut akan mempunyai tools diagnostic. Jadi jalankan tools itu untuk memeriksa suasana hardisk. Jika anda menemukan tidak sedikit bad sector atau error, segera backup data kamu. Kemudian jalankan chkdsk pun untuk menyaksikan apakah masalah tersebut dapat diperbaiki.

Baca Juga : Cara Atasi Sound Komputer tidak bunyi  & Mengenal Komputer Dan Fungsinya

Overheat: Salah satu masalah yang sangat umum andai system tidak stabil ialah overheat. Untuk memeriksa apakah komputer anda kepanasan, banyak software pihak ketiga untuk memeriksa temperatur yang dapat kamu gunakan. Contohnya laksana SpeedFan, HWMonitor, Open Hardware Monitor, dan sebagainya. Jika anda menemukan adanya ketidakstabilan sistem yang mengakibatkan overheating, maka bersihkan komputer dan pastikan fan CPU pun bersih. Ganti pun thermal paste. Kalau ini terjadi pada laptop, bawa ke service center saja.



BIOS: Kadang-kadang merubah penataan BIOS, laksana overcloking RAM atau processor juga dapat menyebabkan ketidakstabilan system. Dalam permasalahan tersebut, kamu dapat reset BIOS ke penataan default atau atur ulang dengan melepas baterai CMOS sejumlah menit dan pasang kembali.



Power Supply: Kamu telah pake Mtherboard, RAM, Hardisk, Processor, GPU dan sebagainya namun komputer masih saja restart otomatis? Mungkin Power Supply (PSU) anda bermasalah. Pastikan beli PSU yang mencukupi dan cocok dengan keperluan komponen-komponen komputer yang anda miliki. Sayang sekali tidak ada teknik untuk mengecek suasana PSU. Tapi andai kamu mendengar suara yang mengherankan dari SMPS (seperti suara hardisk yang rusak) ini bisa jadi PSU.

GPU: Kerusakan pada GPU dapat mengakibatkan ketidakstabilan sistem yang menciptakan komputer menjadi overheat. Dalam sebuah kasus, ada tidak sedikit software pihak ketiga untuk memeriksa GPU laksana FurMark dan sebagainya. Di samping itu, driver yang buruk juga dapat menyebabkan overheat, jadi usahakan anda menginstall ulang driver yang tepat.

Device External: Komputer anda kadang pun mempunyai device external laksana kamera USB, Mouse, Keyboard, Gaming control dan sebagainya. Ada bisa jadi komputer anda sering reboot andai salah satu komponen device external itu rusak. Bagi memeriksanya anda harus melepas seluruh device dan memasangnya satu persatu, lantas lihat apakah terdapat yang berbeda. Di samping itu, kamu pun perlu mengecek Event Viewer untuk menyaksikan informasi error yang terjadi mengenai log USB device.  (Baca Juga : Pengertian Motherboard & Cara Memperbaiki Hardisk )

3# – Reboot Terus Menerus Setelah Windows Update 

Jika komputer anda reboot secara terus menerus sesudah update, anda harus masuk ke Safe Mode atau buka Advanced Boot Options. Dari sini kamu dapat membuka command prompt untuk mengecek error, memakai System Restore atau memakai Automatic Repair. (Baca: Cara Menggunakan System Restore Windows 8)





4# – Restart Karena Masalah Driver



Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik
Jika anda baru saja update driver dan kini Windows anda restart tanpa pemberitahuan, kamu dapat memperbaikinya dengan uninstall driver tersebut melewati Safe Mode. Jika tidak sukses maka kamu dapat melakukan Roll Back guna mendapatkan versi yang lebih lama dari driver itu atau install ulang driver dari website manufacture driver tersebut. (Baca: Cara Memperbaiki RAM Yang Rusak )




5# – Scan Windows Bagi Menemukan Malware


Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

Terinfeksi malware atau virus dapat menyebabkan komputer anda restart secara otomatis. Dengan scan Antivirus ke dalam semua komputer, kamu dapat menemukan malware atau virus dan menghilangkannya. Kemudian komputer kamu dapat berjalan dengan normal kembali. Satu tips yang dapat kamu ikuti, usahakan anda melakukan scan dengan dua antivirus guna meyakinkan.
Kursus Komputer Programer

Tidak ada komentar