Header Ads

test

Kerusakan Prosesor Dan Cara Menanganinya - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital


Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297



KERUSAKAN PROCESSOR DAN CARA MENANGANINYA



Penjelasan: Ketika Prosesor rusak, maka tanda yang sangat umum dan gampang dikenali ialah komputer tidak memberi reaksi saat start, komputer tidak inginkan boot, atau tidak bermanfaat dengan baik, atau komputer tiba-tiba mati. (Baca Juga : konfigurasi Topologi star, Cara Perbaiki Komputer Yang Tidak Menyala.)

Diagnosis: Ada tidak sedikit kemungkinan dalil mengapa prosesor dapat merasakan gagal fungsi. Dalam dunia nyata, kegagalan prosesor secara langsung paling langka, terutama andai prosesor sudah bekerja baik sebelumnya (kecuali andai processor sudah paling tua, lebih dari sepuluh tahun). Jika prosesor bekerja baik pada bulan kesatu, dapat bertahan sekitar lima tahun atau lebih lama pada Motherboard yang sama, asalkan tidak disalahgunakan. Masalah dengan prosesor lebih sering diakibatkan misconfigurations, masalah overheating, atau kekeliruan diagnosis komponen lainnya.

Rekomendasi:
  1. Jika kita baru saja membina PC ini, atau kita baru saja mengerjakan upgrade, cek yang baru saja kamu upgrade guna mendeteksi bisa jadi masalahnya.
  2. Jika kita mempunyai prosesor ekstra yang tersedia, jajaki ganti dulu untuk sedangkan dan kerjakan tes. Jika menggantinya dengan cadangan hasil deteksi sama pasang prosesor pribumi kembali lagi dan lihat bisa jadi lain. Saya melulu merekomendasikan mengerjakan hal ini di mula proses solusi masalah andai nyaman (kebanyakan orang tidak mempunyai prosesor tambahan untuk jenis tes ini dan barangkali termasuk Anda). kursus komputer majalengka
  3. Periksa dan amati apakah prosesor merasakan overheating. Setelah PC telah berjalan untuk sedangkan waktu, dan lantas mati dapat dijamin salah satu masalah ialah overheating. Periksa status heatsink dan periksa pun keadaan cooling fun apakah bekerja baik. Jika kita tidak dapat menyangga jari kita pada prosesor guna lebih dari sejumlah detik sebab panas, bisa jadi besar bahwa CPU overheating.
  4. Pastikan bahwa prosesor terpasang tepat dan erat dalam soketnya bila perlu periksa ulang. Selanjutnya kerjakan pengukuran tegangan. kursus komputer majalengka
  5. menyatakan prosesor motherboard yang kita miliki dalam sistem, guna meyakinkan bahwa settingnya benar. Mengatur jumper tidak benar bisa menyebabkan kehancuran prosesor, sebab Anda barangkali tidak sengaja mengerjakan overclocking kursus komputer majalengka
  6. Jika kita mengkonfigurasi prosesor Cyrix yang memakai “rating P”, ingatlah guna chip set up memakai clock real nya kecepatan, tidak saja nomor “P rating”, yang jadi patokan. Sebagai contoh, Cyrix 6×86- PR133 + bukanlan chip 133 MHz.
  7. Periksa penataan tegangan guna papan. Secara khusus, persyaratan tegangan untuk sejumlah chip, laksana Pentium MMX dengan, Cyrix 6x86MX 6x86L dan, dan AMD K6, bertolak belakang dari 3,3-3,5 volt standar yang dipakai oleh prosesor Intel Pentium asli. Mereka memerlukan split-rel atau tegangan ganda. Banyak motherboard yang lebih tua tidak menyokong CPU ini.  (Baca Juga: Kursus pemasaran digital)
  8. Secara umum, pastikan bahwa Anda memakai prosesor yang didukung oleh motherboard Anda. Jika prosesor yang diusahakan untuk dipakai dalam motherboard yang tidak tepat maka hasilnya processor dirasakan tidak ada. Anda barangkali perlu meng-upgrade BIOS guna dapat memakai chip processor.
  9. Rupanya, non-Intel CPU tidak bakal bekerja di sejumlah motherboard Intel, sebab sering terjadi Motherboard Intel mengecek jenis CPU dan menampik untuk boot andai mereka mengejar sesuatu yang beda dari Intel. Catatan bahwa ini melulu berlaku guna motherboard Intel, tidak seluruh motherboard memakai chipset Intel (ada ratusan varietas).
  10. Jika kita menjalankan Cyrix 6×86, pastikan bahwa Anda memakai motherboard yang sesuai dengan chip CPU! Tidak seluruh motherboard bakal mendukung, dan dalil nomor satu kenapa chip yang terlampau menuntut kecocokan elektrik. Sebuah Motherboard dengan sokongan salah guna chip barangkali terlalu panas atau menyebabkan kehancuran chip.
  11. Pengaturan BIOS yang salah atau terlalu-agresif dapat mengakibatkan prosesor berperilaku aneh. Langkah sangat mudah ialah mengembalikan setting BIOS ke posisi default dan mulai menata satu persatu.
  12. Cobalah guna menonaktifkan cache sekunder dalam setup BIOS. Hal ini dapat menanggulangi masalah (tapi tidak selalu). Jika tidak, maka ada bisa jadi masalah yang berhubungan cache sekunder.
  13. Cobalah untuk meminimalisir kecepatan prosesor untuk menyaksikan apakah menghasilkan perbaikan masalah. Sebagai misal jika kita menjalankan Pentium dengan MMX pada 200 MHz, usahakanlah mengganti motherboard guna menjalankannya pada 166 MHz. Jika masalah hilang, maka bisa jadi kuat bahwa masalah ini sebab terlalu panas dan mesti dibetulkan sebelum Anda mengupayakan prosesor pada kecepatan yang lebih tinggi lagi.
  14. Cobalah menukar prosesor dengan yang beda dan lihat apakah masalahnya bisa teratasi. Jika masalah hilang, maka prosesor pribumi tersebut barangkali rusak. Jika tidak, kita perlu menyaksikan tempat lain.
  15. Verifikasi persyaratan tegangan guna chip tersebut, dan pastikan mereka ditata dengan benar. Memberikan terlalu tidak sedikit tegangan ke CPU bisa menjadikan panas terlampau tinggi. 
  16. Meningkatkan tingkat pendinginan prosesor Anda. Beberapa teknik yang khas untuk mengerjakan hal ini termasuk memakai kipas pendingin andai Anda tidak sebelumnya, memakai kipas yang lebih kuat, atau memakai heat sink yang lebih besar. Anda bisa dalam sejumlah kasus pun menginstal kipas ekstra dalam permasalahan yang berhembus pada prosesor, namun ini seringkali berlebihan.



Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

Situasi pendingin laksana ini paling berbahaya untuk processor
  1. Socket pin CPU hilang atau longgar: hali ini dapat terjadi bila kamu tidak hati- hati memasang processor, pin socket patah dll. Anda mesti membuka permukaan soket CPU, hati-hati meneliti apakah terdapat deformasi pin. Pin socket diatas merasakan masalah
  2. Faktor klem soket CPU yang bermasalah atau tidak tepat: Anda bisa mempertimbangkan pemakaian metode fiksasi lain, lazimnya tidak butuh menggantikan soket CPU, sebab kesalahan proses solder mudah mengakibatkan kegagalan tersembunyi. SOCKET775 contohnya jika kamu klem dengan tidak hati-hati dapat memunculkan masalah. Selain tersebut pemasangan heatsink yang tidak tepat akan mengakibatkan perubahan CPU pada kedudukannya.

Tidak ada komentar