Header Ads

test

5 Cara Ampuh Memperbaiki Layar Monitor Bergaris - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

5 Cara Memperbaiki Monitor LCD Komputer Bergaris yang dapat Kamu Kerjakan
Layar Komputer yang biasa dinamakan LCD (ataupun LED) adalahsalah satu komponen urgen dalam perlengkapan komputer. Dengan LCD, kita dapat melihat urusan apa saja yang yang sudah kita lakukan menggunakan komputer. Akan tetapi, masalah yang tidak jarang terjadi pada LCD ialah muncul garis-garis baik tersebut horizontal maupun vertikal secara tiba-tiba. Padahal anda sudah berjuang merawat LCD itu dengan hati-hati.
Kamu tidak usah bingung ataupun khawatir. Janganlah pun untuk buru-buru ke lokasi servis. Kamu juga sebenarnya dapat memperbaikinya sendiri andai kamu tekun. Pada dasarnya persoalan LCD bergaris-garis ini tidak jauh lain dengan teknik memperbaiki layar laptop bergaris. Maka dari tersebut berikut 5 teknik memperbaiki monitor LCD komputer bergaris yang dapat kamu kerjakan.

1. Gunakan software Pixel Repair

Sebenarnya ada software yang dapat digunakan untuk membetulkan layar LCD yang ada gari-garisnya. Nama software tersebut ialah PixelRepairer. Fungsi dari PixelRepair ini ialah mengecek suasana LCD dengan sejumlah cara antara beda garis dan warna untuk memahami adanya dead pixel pada monitor.
  1. Pertama-tama download terlebih dahulu software PixelRepairer ini. Lalu jalankan PixelRepairer.exe.
  2. Kemudian kamu dapat memilih Pattern yang anda inginkan, baik tersebut warna maupun garis-garis.
  3. Jika telah dipilih, selanjutnya klik “Enable”
  4. Nantinya anda dapat menyaksikan pada layar bakal ada evolusi menjadi Pattern yang cocok dengan yang anda pilih tadi. Kalau anda klik pada layar, maka tampilan layar bakal berubah ke pattern berikutnya. Nah, Apabila tidak terdapat peubahan, berarti layarnya baik-baik saja. Sedangkan andai ada kehancuran maka bakal terlihat.
  5. Tekan Esc guna kembali, lantas pilih “Repair”->Add.
  6. Kemudian, tempatkan pada dead pixel di monitor
  7. Tunggulah hingga sejumlah saat. Jika memang masih terdapat yang ingin digarap pada komputer, kamu dapat minimizenya.

2. Periksa pun kabel luwes pada layar

Jika pada poin kesatu layar LCD masih ada garis-garis, maka usahakanlah untuk mengecek kabel-kabel khususnya kabel penghubung antara layar dan motherboard. Biasanya persoalan pada kabel ini ialah mengalami kendor maupun kerusakan. Cobalah untuk mengecek kabelnya apakah telah terpasang dengan baik atau memang terdapat yang kendor.

Setelah diperiksa dan tidak terdapat masalah, usahakanlah untuk mengupayakan kabel itu ke monitor yang lain. Apabila di monitor yang beda tidak terdapat masalah, maka permasalahannya terdapat pada kabel. Segera langsung mengubah kabel yang lama dengan kabel yang baru.

3. Periksa pun RAM, VGA, dan Hardisk

Ini juga dapat jadi penyebab layar menjadi timbul garis-garis. Jika pada kabel tidak terdapat masalah, maka usahakanlah untuk mengecek RAM, VGA dan pun Hardisk. Buka dan bersihkan pin-pin yang ada pada motherboard.

Apabila ada dua slot pada RAM, jajaki untuk dialihkan pada slot sebelahnya. Jika pada slot sebelahnya masih ada garis, dapat dipatikan itu ialah ciri-ciri RAM komputer rusak. Oleh karena itu, usahakanlah ganti RAM-nya. bilamana pada RAM yang baru telah tidak terdapat garis-garis lagi, maka penyebabnya ialah RAM.
Sekarang andai kondisdinya kita telah ganti RAM dengan yang baru dan garis-garis masih muncul, kita cek pada unsur VGA. Jenis-jenis VGA ada sejumlah macam, terdapat yang dapat dilepas dan terdapat yang “ditanam” di dalam. Kalau yang dapat dilepas, kamu dapat membersihkan pin-pinnya. Lakukan sama laksana memerika pada RAM. Jika setelah dimurnikan masih tetap muncul, maka usahakanlah ganti dengan yang baru.

Sedangkan guna VGA yang ditanam tersebut tidak dapat dilakukan sama kaya yang dapat dilepas. Sebaiknya anda memeriksa komponen lainnya yakni Hardisk. Periksa situasi Hardisk dengan mengubah kabelnya atau mengubah hardisknya. Lakukan pun seperti komponen yang sudah dibicarakan sebelumnya.

4. Cobalah update driver VGA

Jika pada persoalan di poin ketiga sudah dilaksanakan dan masih pun timbul garis-garis pada LCD. Cobalah guna meng-update driver VGA. Driver VGA yang tidak di update pun dapat memunculkan garis-garis pada layar LCD. Hal tersebut dapat terjadi sebab tidak terdapat sinkronisasi antara Driver VGA yang lama dengan program terbaru.

Maka dari itu, guna mengatasinya, kamu dapat update Driver VGA yang terdapat pada komputermu. Biasanya update ini dapat kamu dapatkan pada web sah vendor VGA yang anda gunakan. Adapun teknik update VGA yang lain laksana Intel misalnya, teknik update driver VGA Intel ialah sebagai berikut.
  1. Melalui Device Manager
  2. Perangkat empuk Driver Updater
  3. Perangkat empuk Driver Pack
  4. Unduh driver dari website resmi manufaktur perlengkapan keras
  5. Unduh driver dari website resmi manufaktur komputer
5. Cek Power Supply 

Jika keempat poin telah dijalani dan masih timbul garis-garis, maka usahakanlah periksa power supplynya. Terkadang power supply yang tidak mencukupi dapat bepengaruh buruk pada komponen komputermu, tidak terkecuali monitor. Cobalah untuk mengecek power supplynya apakah mengisi daya secara maksimal atau tidak. Jika tidak, usahakanlah ganti dengan power supply yang baru.
Itulah 5 teknik memperbaiki monitor LCD komputer bergaris yang dapat kamu kerjakan. Jika seluruh poin masih tetap tidak berubah, maka usahakan anda konsultasikan ke lokasi servis guna perbaikan lebih lanjut. Semoga tulisan ini dapat berfungsi untuk anda semua.

Tidak ada komentar