Header Ads

test

4 Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi Paling Mudah - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

4 Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi Paling Mudah
Saat menggarap sesuatu memakai komputer, rasanya lebih menyenangkan andai sambil memperhatikan musik. Saat menyaksikan film dan bermain game, suara pun menjadi bagian urgen yang mesti ada. Namun bagaimana andai Sound PC tidak berbunyi???


Jangan terlampau lama berkutat dengan rasa bingung andai sedang merasakan hal ini. Anda dapat melakukan sejumlah pengetesan guna dapat memahami penyebab sound pada PC kamu tidak berbunyi. dalam tulisan kali ini dosenIT akan menyerahkan panduan sejumlah cara menanggulangi Sound PC tidak bunyi, yang bisa kamu coba ikuti supaya PCmu dapat bersuara lagi..

1. Cek Speaker

Pastikan lampu indikator pada spaker menyala, guna meyakinkan bahwa speaker tidak dalam suasana mati. Cek pun volume speaker, pastikan tidak berada di mute. Kemudian periksa kabel speaker, apakah jack speaker terpasang dengan benar ke port pada CPU. Jika speaker memang hidup dan terpasang dengan benar, bisa jadi speaker bermasalah. Bagi meyakinkannya, coba pakai headset. Apakah headset dapat mengeluarkan suara?

Jika headset menerbitkan suara, berarti benar, speaker kamu bermasalah dan butuh di perbaiki/ diganti. Tapi andai ternyata headset juga tidak bersuara, sebenarnya headset dalam situasi baik, maka kamu perlu mengupayakan point nomor 2.

2. Cek Port Audio

Pada CPU umumnya terdapat dua port audio, yakni di unsur depan CPU supaya mempermudah pemakai mengaksesnya, serta di belakang CPU. Jika kamu memasang jack audio pada unsur depan, jajaki pindahkan ke unsur belakang; atau sebaliknya. Jika sesudah di pindah suara hadir kembali maka port audio kamu mengalami masalah. Anda dapat mengatasinya dengan menggantinya, atau lebih mudah, gunakan saja port yang satunya. Namun andai meskipun di pindah suara tetap tidak keluar, dan anda yakin sebelumnya port yang satu tidak bermasalah. Maka lanjutkan pemeriksaan  pada point 3

3. Cek Sound Driver

Sebelum memeriksa soud driver, periksa terlebih dahulu penataan volume spaker pada komputer anda, dengan mengklik icon speaker di ujung kanan start bar. Pastikan volume speaker tidak dalam suasana di mute. Jika pada penataan volume spaker tidak di mute, lanjutkan dengan memeriksa sound driver pada PC anda. Caranya, buka start menu, klik kanan pada Computer, kemudian pilih Properties > Device Manager. kita juga dapat mengaksesnya melewati control panel > Hardware & Sound > Decive Manager.

Pada Device Manager bakal tampil seluruh peripheral yang terhubung pada PC anda, tergolong sound. Klik panah pada unsur sound, andai ada ikon tanda tanya (?) atau tanda seru (!) berwarna kuning pada unsur driver sound. Berarti persoalan ada pada driver yang belum terinstall/ tidak kompatibel/ corrupt.
Untuk memperbaikinya kamu harus menginstall sound driver yang kompatibel. Anda dapat menggunakan CD bawaan komputer andai ada, atau mendownloadnya dari internet. Seandainya komputer kamu terhubung dengan internet, tersebut akan lebih mudah, kamu bisa tidak mempedulikan komputer yang menggali driver yang cocok dan mendownloadnya secara otomatis. Caranya, klik kanan pada sound, lalu kamu bisa memilih unistall driver terlebih dahulu, baru lantas memilih install driver guna mendapatkan driver yang kompatibel, atau langsung memilih update driver. Setelah tersebut lanjutkan intruksi yang diserahkan aplikasi. (Baca Juga: Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Cepat Habis , Cara menanggulangi Laptop tidak jarang hang)

Jika sebelumnya sound PC kamu berjalan dengan baik, dan driver pun tidak bermasalah, tetapi entah sebab virus atau apa jadi bermasalah; masih dalam Device Manager, klik kanan pada sound driver, pilih properties, buka Tab Driver, kemudian klik command Roll Back untuk membalikkan driver seperti suasana sebelumnya. (Baca Juga: Cara ampuh memeperbaiki layar monitor bergaris, Cara Repair windows 10 tanpa install ulang )  Kursus Komputer Majalengka

Biasanya windows akan memperlihatkan command yang mengumumkan adanya persoalan pada sound driver, andai command itu muncul, kamu bisa memanfaatkan troubleshooter untuk menolong mengatasinya. Jika sound driver tidak bermasalah, bisa jadi sound card kamu yang bermasalah. Lanjutkan pemeriksaan  pada point 4.  

4. Cek Sound Card

Ada sound card yang terpasang on-board, dengan kata lain tertanam langsung dalam mainboard; terdapat pula soun card yang add-on, dengan kata lain berupa card yang dapat dilepas pasang. Jika sound card kamu add-on, bakal lebih gampang memperbaikinya. Lepaskan sound card, bersihkan dari debu, bersihkan pula pinnya dengan memakai penghapus pinsil. Jiga tersebut tidak menanggulangi masalah, kamu bisa menggantinya dengan sound card baru. 

Jika sound card kamu on-board, lumayan sulit menggantinya, karna akan dibutuhkan penyolderan. Sebaiknya serahkan untuk ahlinya, bila kamu belum berpengalaman. Namun terdapat juga pilihan lain, kamu bisa memakai USB sound. USB Sound sama laksana sound add-on bedanya, kamu menghubungkannya ke USB bukan ke slot card Sound didalam CPU.Setelah kamu memasang USB Sound, kamu perlu menginstall driver yang compatible. Biasanya CD driver diikut sertakan ketika kamu membeli USB sound tersebut. ( Baca Juga : Hadist Tentang Kebersihan, Cara Mengatasi Lupa Passwor laptop )  Kursus Komputer Majalengka

Sekian ulasan sejumlah cara menanggulangi sound PC tidak berbunyi. Speaker, port audio, soud card atau driver sound yang bermasalah dapat menjadi penyebab tidak keluarnya suara dari komputer anda. Semoga sejumlah panduan untuk menanggulangi sound PC yang tidak berbunyi tersebut dapat membantu kamu untuk menuntaskan permasalahan yang kamu hadapi.  Kursus Komputer Majalengka

Tidak ada komentar