Header Ads

test

Pengertian dan Fungsi Bagian-Bagian Motherboard - Kursus Komputer Majalenngka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital

Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Pengertian dan Fungsi Bagian-Bagian Motherboard

Motherboard pertama kali diciptakan pada tahun 1977, oleh Apple guna Apple II-nya. Berbeda dengan kini dulu komponen-komponen komputer laksana CPU dan kenangan ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel.



Karena tampilan yang tidak teratur dan susah untuk menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, semua pengembang produk komputer menciptakan satu lokasi khusus guna menampung sekian banyak  periferal komputer. Terciptalah sebuah papan lebar yang berisi pelbagai slot sebagai lokasi menghubungkan komponen-komponen PC, yang lantas dinamai motherboard.

Pengertian dari motherboard sendiri yakni papan sirkuit tempat sekian banyak  komponen elektronik saling terhubung laksana pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Pengertian beda dari motherboard atau dengan kata beda mainboard ialah papan utama berupa pcb yang mempunyai chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses setiap perangkat.

Dalam sistem komputer, peripheral-peripheral bakal saling terkoneksi di dalam motherboard dan bisa meneruskan instruksi melewati jalur-jalur pada board. Seluruh peripheral yang terkoneksi bakal menjadi suatu sistem komputer yang utuh. Sementara faedah motherboard pada umumnya ialah menghubungkan semua komponen penyusun suatu komputer. Motherboard dapat dikatakan sebagai tulang punggung (backbone) dari sistem komputer, seluruh komponen komputer tentu terhubung dengan motherboard, baik langsung maupun tidak langsung.  (Baca Juga : Install Windows 7 Pakai Sistem Ghost, Memperbaiki Harsisk Yang Rusak )

KOMPONEN – KOMPONEN MOTHERBOARD 

1. Soket CPU atau Processor Socket, dipakai untuk menginstal atau menyisipkan prosesor . Ada dua jenis soket yang anda kenal, yakni soket LIF soket dan soket ZIF. LIF singkatan dari Low InsertionForce, yakni soket model lama, dan ZIF ialah singkatan dari Zero Insertion Force, ialah soket prosesor model baru. 


2. North Bridgeletaknya tidak jarang kali dekat dengan soket prosesor, yakni adalahsalah satu komponen urgen dari motherboard. North Bridge ialah titik konsentrasi dari motherboard, dan disebut pun dengan memory controller hub. North bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP.



Baca Juga Artikel : Ilmu kebudayaan

3. South Bridgedan North Bridge ialah dua kutub utama motherboard. South Bridge terhubung dengan antarmuka IDE primer dan sekunder, konektor SATA, konektor Floppy Drive, slot PCI dan BIOS. 


4. Slot RAM ialah komponen pada motherboard yang dipakai untuk menyisipkan RAM.


5. Slot AGP dipakai untuk memasukkan AGP Card. AGP atau singkatan dari Accelerated Graphics Port, ialah slot guna kartu grafis yang ditujukan guna game 3D. Letaknya tidak jarang kali di samping slot PCI.



6.Slot PCI dipakai untuk menyisipkan Add-on Card, laksana kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI ialah singkatan dari Peripheral Component Interconnect.



7. Complimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS) ialah sebuah baterai yang memasok power pada sebuah kenangan kecil pada motherboard yang bermanfaat untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, dll. CMOS menjaga supaya kita tidak butuh mengkonfigurasi hal-hal tersebut masing-masing kali kita mengobarkan komputer



8. Primary and Secondary IDE Interfaces pun disebut dengan konektor IDE atau konektor PATA. IDE ialah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang menyokong untuk perlengkapan IDE, laksana Hard disk dan CD dan DVD drive .



9. Konektor SATA pun disebut sebagai konektor Serial ATA. SATA kependekan dari Serial Advanced Technology Attachment, yang bermanfaat untuk menghubungkan perlengkapan serial ATA.



10. BIOS ialah singkatan dari Basic Input Output System, yang pun adalahsalah satu unsur chip urgen dari motherboard, untuk mengerjakan POST ( Power On Self Test ) .



Sekian tulisan tentang Bagian-bagian motherboard, semoga bermanfaat 😄😃

Sumber Artikel :

Tidak ada komentar