Header Ads

test

Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Baterai Cmos - kursus komputer majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297




Apa Itu CMOS?

CMOS ialah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconcuktor, yaitu suatu baterai yang dipakai oleh BIOS guna tetap aktif tanpa adanya aliran listrik, jenis chip semi-konduktor yang menyimpan data tanpa memerlukan sumber daya eksternal.

Cara Kerja CMOS

digunakan guna menyimpan program konfigurasi, program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu penciptaan file yang tidak bakal hilang meskipun komputer dimatikan.
karakter urgen dari CMOS ialah kekebalan desahnya yang tinggi dan pemakaian daya statis yang rendah. Daya hanya dipungut saat transistor dalam CMOS beralih diantara situasi hidup dan mati. Akibatnya, peranti CMOS tidak memunculkan bahang sejumlah sirkuit logika lainnya, laksana logika transistor-transistor (TTL) atau logika NMOS, yang melulu menggunakan peranti tipe-n tanpa tipe-p. CMOS pun memungkinkan chip logika dengan kepadatan tinggi dibuat.

Ketika power supply komputer disulut, CMOS menjalankan serangkaian pengecekan untuk meyakinkan sistem bermanfaat dengan benar. Salah satu pengecekan termasuk menghitung pemakaian acak access memory (RAM). Karena delay boot time inilah, sehingga sejumlah orang menonaktifkan fitur ini dalam penataan CMOS, memilih guna quick boot. Jika menginstal RAM yang baru lebih baik andai fitur ini digiatkan dulu hingga RAM telah dicek dengan baik barulah dinonaktifkan

Setelah POST selesai, CMOS mengecek pengaturan lainnya. Memeriksa bentuk Hard disk dan konfigurasi Redundant Array of Independent Disk (RAID), preferensi boot, kehadiran peripheral, dan tweak overclocking. Banyak penataan dapat secara manual diolah konfigurasi CMOS untuk menambah kinerja. Namun, evolusi ini melulu boleh dilaksanakan oleh pemakai berpengalaman. Mengubah penataan sembarangan dapat menciptakan sistem tidak stabil, mengakibatkan crash, atau bahkan menangkal komputer guna boot.



Konfigurasi CMOS bisa diakses sekitar tahap POST dari boot up, dengan mengurangi tombol tertentu sebelum sistem operasi menginisialisasi. Biasanya memakai kunci Del namun Motherboard lain barangkali lain pun yang digunakan. Ada pun pilihan untuk mengayomi pengaturan CMOS dengan meminta password untuk mengolah pengaturan. Perubahan akan ditabung saat terbit dengan mengurangi tombol F10, lantas komputer reboot untuk memakai pengaturan baru.
Kebanyakan motherboard menyerahkan manual susunan seluruh opsi-opsi yang terdapat dalam CMOS. Patut disalin bahwa ini bakal bervariasi cocok dengan desain motherboard dan produsen BIOS. Dua produsen BIOS yang sangat terkenal ialah Phoenix dan Award, sementara perusahaan laksana Dell dan Compaq memproduksi sendiri chip BIOS.

Fungsi CMOS :
  • Menyimpan data tanpa membutuhkan daya eksternal
  • Memberikan daya pada BIOS
  • Menyimpan Konfigurasi BIOS

Eror Pada CMOS :

Muncul pesan pada layar monitor bahwa ada persoalan pada CMOS Ketika menghidupkan computer anda diperingatkan supaya menekan tombol F2 yang menenjukan bahwa bateray CMOS telah lemah sampai-sampai perlu diganti.
Tidak terdapat tampilan dilayar monitor. Untuk menanggulangi hal diatas saya dan anda bisa malakukan perbaikan mula dengan mengubah CMOS yang baru, dan bilamana pesan itu masih muncul bisa jadi trouble terletak pada chip CMOS yang tidak cukup benar , usahakanlah untuk memperbaikainya.
Karakteristik Battery CMOS 
Karakteristik utama dari CMOS merupakan, CMOS melulu menggunakan komsumsi tenaga yang diperlukan, dalam makna sensor CMOS melulu menggunakan tenaga yang kecil dibanding sensor gambar yang lain.



Hal yang tidak jarang dilupakan oleh beberapa orang tentang menanggulangi kehancuran komputer ialah seputar baterai CMOS. Perangkat yang mungil ini mempunyai peranan yang tidak kalah pentingnya guna dapat menciptakan sistem komputer dapat berlangsung dengan lancar. Tips inilah akan menyatakan bagaimana metodenya mengetahui kehancuran seputar baterai CMOS ini.

Baterai CMOS ialah sebuah baterai yang ada pada badan Motherboard, bentuknya laksana baterai jam pada umumnya, melulu saja mempunyai dimensi yang lebar. kita dapat memahami sebuah baterai CMOS yang bermasalah dengan ciri-ciri sebagai
berikut:

Ketika komputer dikobarkan maka akan hadir tulisan 'CMOS Check sum Error' Sistem penanggalan yang tidak jarang kali berubah dengan sendirinya meskipun kamu sudah mengaturnya secara berulang-ulang (baik pada bios ataupunsetelah masuk ke sistem) Komputer tidak berkolaborasi sekali saat dinyalakan. Tidak terdapat peringatan apapun yang muncul, tidak terdapat suara beep sama sekali dan layar monitor tidak memperlihatkan tulisan apa-apa.

Anda dapat menanggulangi permasalahan ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Lakukan Clear CMOS yang bermanfaat untuk membalikkan pengaturan bios ke situasi default (standar bawaan pabriknya). Bisa dilaksanakan dengan 2 cara yakni:

  1. Cabut baterai dari tempatnya, sesudah ± 5-10 menit pasang pulang baterai tersebut
  2. Memindahkan posisi jumper pada motherboard. Untuk memudahkan pengerjaan ini kamu bisa menyaksikan pada kitab panduan motherboard Periksa dudukan baterai CMOS pada motherboard guna menghindari dudukan yang tidak cukup pas, terlampau longgar dan sebagainya. Jika semua tahapan diatas tidak menyerahkan hasil maka kamu harus mengubah baterai CMOS. Sewaktu melakukan pembelian yang baru usahakan kamu membawa baterai yang bobrok tadi sebab setiap baterai CMOS mempunyai jenis yang berbeda-beda khususnya pada nomor serialnya yang ada pada baterai tersebut sendiri.


Perlu diketahui, secara sepintas indikasi persoalan pada baterai CMOS ini tidak jauh
berbeda dengan persoalan pada prosesor dan motherboard, jadi lumayan penting untuk kita guna mengetahui kehancuran seputar baterai CMOS ini. Terima Kasih!!!😉 By ; TM

Tidak ada komentar