Header Ads

test

Sejarah Monitor dan Perkembangannya - kursus komputer majalengka

Sejarah Monitor dan Perkembangannya


Kursus Komputer - Sejarah Monitor dan Perkembangannya, Bagi rekan - rekan yang belum tahu mengenai sejarah monitor dan pertumbuhan monitor atau yang justeru awam sama sekali, saya hendak berbagi informasi seputar teknologi mengenai bagaimana sejarah monitor dari mula sampai sekarang. Monitor, apa jadinya bila kita bermain komputer tanpa monitor? tentunya tidak sedikit orang membalas mending tidak usah mainan komputer kali ya? hehehe... Monitor paling berperan urgen dengan teknologi laptop. 



Definisi monitor atau apa tersebut monitor ? 

Monitor dapat di definisikan Interface atau layar visual yang menghubungkan antara insan dengan komputer. Monitor sampai saat ini dikembangkan dengan dua fase.

Fase kesatu pada tahun 1855 ditandai dengan penemuan tabung sinar katoda oleh ilmuwan dari Jerman, Heinrich Geibler. Ia adalahbapak dari monitor tabung. Lalu, 33 tahun kemudian, berpengalaman kimia asal Austria, Friedrich Reinitzer, menempatkan dasar pengembangan teknologi LCD dengan mengejar kristal cairan. Teknologi tabung sejak tadinya memang dikembangkan untuk menerapkan monitor. Namun, Kristal cairan masih menjadi gejala kimiawi sekitar 80 tahun berikutnya. Saat itu, tampilan atau frame rate juga belum terpikirkan. 

Waktu itulah yang adalahfase kedua dari etape pengembangan monitor komputer. Selama ini, tidak sedikit yang memandang bahwa Karl Ferdinand Braun sebagai penemu tabung sinar katoda. Sebenarnya, ia adalahpembuat software kesatu guna tabung, yakni osiloskop pada tahun 1897. Perangkat berikut yang menjadi basis pengembangan perlengkapan lain, laksana televisi. Pada tahun yang sama, Joseph John Thomson mengejar elektron, yang mempercepat pengembangan kiat tabung. 

Perkembangan monitor dari mula hingga sekarang

Perkembangan monitor paling signifikan dari tahun ke tahun. Saat ini ada tiga jenis teknologi monitor. Ketiga kelompok teknologi tersebut ialah CRT (Cathode Ray Tube), Liquid Crystal Display (LCD) dan Plasma gas (OLED = Organic Light Emitting Diode).

1. Cathode Ray Tube (sejarah monitor tabung)




Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan namun teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT telah lebih dari 100 tahun dan mempunyai kualitas gambar yang paling bagus. Akan namun teknologi ini memiliki satu kekurangan yaitu semakin besar display yang akan diciptakan maka semakin besar pula tabung yang digunakan.

Pada monitor CRT, layar penampil yang dipakai berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini menimbulkan tampilan pada monitor dengan teknik memancarkan sinar elektron ke sebuah titik di layar. Sinar itu akan diperkuat untuk memperlihatkan sisi cerah dan diperlemah guna sisi gelap.

Teknologi CRT adalahteknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi yang lain. Meski demikian resolusi yang didapatkan sudah lumayan baik untuk sekian banyak  keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan lumayan besar dan mempunyai radiasi elektromagnetik yang lumayan kuat. (Baca Juga : Kursus terbaru pemasaran digital)

2. Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat Display Panel (FDP)


Monitor LCD tidak lagi memakai tabung elektron tetapi memakai sejenis kristal liquid yang bisa berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan keterampilan resolusi yang lebih tinggi dikomparasikan dengan CRT. Karena bentuknya yang pipih, maka monitor jenis flat tersebut memakai energi yang kecil dan tidak sedikit digunakan pada komputer-komputer portabel.

Kelebihan yang beda dari monitor LCD ialah adanya brightness ratio yang sudah menyentuh angka 350 : 1. Brigtness ratio adalahperbandingan antara tampilan yang sangat gelap dengan tampilan yang sangat terang.

Liquid Crystal Display memakai kristal liquid yang bisa berpendar. Kristal cair adalahmolekul organik kental yang mengalir laksana cairan, namun mempunyai struktur spasial laksana kristal. (ditemukan pakar Botani Austria – Rjeinitzer) tahun 1888. Dengan menyorotkan sinar melewati kristal cair, intensitas sinar yang terbit dapat dikendalikan secara elektrik sampai-sampai dapat menyusun panel-panel datar.

Lapisan-lapisan dalam suatu LCD :
  • Polaroid belakang
  • Elektroda belakang
  • Plat kaca belakang
  • Kristal Cair
  • Plat kaca depan
  • Elektroda depan
  • Polaroid depan

Elektroda dalam lapisan tersebut bermanfaat untuk membuat medan listrik pada kristal cair, sementara polaroid dipakai untuk membuat suatu polarisasi. Dari sisi harga, monitor LCD memang jauh lebih mahal bila dikomparasikan dengan monitor CRT.

Dan sejumlah kelemahan yang masih dimilikinya seperti tidak cukup mampu dipakai untuk bekerja dalam sekian banyak  resolusi, seperti contohnya monitor dengan resolusi 1024 X 768 bakal terkesan agak buram andai dipekerjakan pada resolusi 640 X 420. Tatapi akhir-akhir ini kekurangan tersebut telah mulai di tanggulangi dengan kiat anti aliasing.

3. Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED) 


Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, dapat membuat layar dengan ketipisan serupa LCD dan sudut pandang yang bisa selebar CRT.

Plasma gas pun menggunakan fosfor laksana halnya pada teknologi CRT, namun layar pada plasma gas bisa perpendar tanpa adanya pertolongan cahaya di belakang layar. Hal tersebut akan menciptakan energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT. Kontras warna yang didapatkan pun lebih baik dari LCD.

Teknologi plasma gas ini sering dapat kita jumpai pada ketika pertunjukan-pertunjukan musik atau pertandingan-pertandingan olahraga yang spektakuler. Di sana ada layar monitor raksasa yang dipasang pada sudut-sudut arena tertentu. Itulah monitor yang memakai teknologi plasma gas.

Setelah kita menyaksikan begitu pesatnya pertumbuhan LCD, sekarang saya dan anda bisa saksikan pertumbuhan FDP teranyar yang boleh anda katakan sebagai Flat Panel Display Masa Depan. Kenapa FDP teranyar ini anda namakan FDP Masa Depan ? Karena 5-10 tahun yang bakal datang barangkali Teknologi LCD bakal digantikan posisinya oleh FDP Masa Depan ini. FDP Masa Depan ini berbasis active matrix berteknologi Organic Light Emitting Diode (OLED).


Nah untuk teman - rekan yang tadi nya belum tahu mengenai sejarah monitor dan perkembangannya barangkali sekarang jadi tahu dan memahami dan tidak bingung dengan perbedaan monitor LCD dan LED (bentuknya serupa). Baca pun tentang Teknologi ilmu Programer.

1 komentar: