Header Ads

test

Mengatasi Komputer Restart Terus Menerus - kursus komputer majalengka

Mengatasi Komputer Restart Terus Menerus



Halo kawan, pernahkah kamu mengalami dimana PC atau komputer kamu me-restart dengan sendirinya? memang menyebalkan ya!. Apalagi andai komputer itu me-restart secara terus menerus laksana yang pernah saya alami.

Setiap saya memakai komputer itu dan memuat suatu program yang agak berat tergolong memutar video ( sebenarnya cuma video dengan kualitas biasa ), komputer itu akan mati dengan sendirinya dan hidup pulang dengan sendirinya pula. Lebih dari menyebalkan dan ini memerlukan penanganan serius.


Sebenarnya saya pernah menghadapi persoalan ini sejumlah kali, termasuk sejumlah kawan saya yang mohon pertolongan atau istilah Microsoft'nya troubleshooting untuk saya ( sebenarnya saya sendiri bukan tukang servis ) dan ternyata masalah yang menjadi penyebabnya berbeda-beda.

Komputer Restart Terus Menerus.


Berdasarkan empiris saya, komputer restart terus menerus itu diakibatkan oleh sejumlah hal yang berbeda. Berikut ialah diantaranya yang telah saya ketahui penyebabnya dan teknik untuk mengatasinya.

Penyebab dan Solusi Bagi Komputer yang Restart Terus Menerus.
  • Daya Tidak Mencukupi.

  1. Daya listrik sangat dominan terhadap kinerja dan kelangsungan proses yang terjadi di dalam suatu komputer. Daya disini mencakup tegangan yang diperlukan komputer guna beroperasi dan besaran arus yang dibutuhkan. Bila salah satunya tidak mencukupi, maka komputer tidak bakal bekerja dengan semestinya (optimal) bahkan bisa shutdown atau pun restart dengan sendirinya. Kekurangan daya listrik pada suatu PC dapat diakibatkan oleh 2 hal, diantaranya: Daya listrik di lokasi PC itu beroperasi tidak memadai / mencukupi atau tidak stabil dan anda tidak memasang penyetabil daya. Dalam urusan ini seringkali diakibatkan oleh tegangan yang drop seketika. Secara kasat mata, drop-nya tegangan listrik dapat terlihat / terdeteksi bila kita memakai lampu tipe bolam / lampu pijar biasa. Biasanya lampu bakal meredup mendadak dan cerah lagi ( melulu terjadi dalam rentang masa-masa sepersekian detik ). Hal itu dapat menyebabkan PC atau komputer me-restart seketika tersebut pula, andai drop-nya listrik berdurasi satu detik atau lebih seringkali PC langsung mati tidak restart kembali. Solusi guna hal semacam ini ialah dengan memakai Stavol atau penyetabil daya listrik sehingga saat terjadi power failure laksana tadi kompie anda masih aman.
  2. Power Supply bermasalah. Bagi masalah yang satu ini memang tidak dapat didiagnosa secara spontan, sangat tidak mesti terdapat power supply cadangan guna meyakinkan penyebabnya. Hal ini pernah saya alami secara pribadi, dimana pada awalnya PC tidak jarang restart sendiri terutama ketika membuka program yang cukup berat. Lama kelamaan menjadi semakin tidak jarang restart dan kesudahannya baru saja dikobarkan dan memperlihatkan boot screen, PC langsung merestart pulang dan begitu seterusnya sebenarnya saya memasang penyetabil daya. Usut punya usut ternyata power supply-nya bermasalah.

  • Software Bermasalah.
Biasanya, persoalan pada aplikasi memegang peranan yang sangat besar. Ini dapat terjadi sebab adanya virus atau unwanted program lainnya. Bila permasalahannya dicurigai sebagai tindakan virus, ini dapat didiagnosa dari sejumlah hal, diantaranya :
  1. PC terasa berat ketika booting atau ketika menjalankan program tertentu.
  2. Terjadi aktivitas-aktivitas yang memunculkan kecurigaan dan tidak laksana biasanya, laksana tampil message box error, runtime error, message box warning, message box yang mengindikasikan sebuah drive telah sarat atau terproteksi dan tidak dapat melakukan proses write atau terdapat perintah 'insert disk to removable media', adanya shortcut yang muncul tiba-tiba dan kegiatan lainnya yang anda anggap mencurigakan.
  3. Tidak dapat menampilkan file hidden dan read-only,
  4. Tidak dapat mengakses situs yang bersangkutan dengan antivirus dan program security lainnya.

Solusinya yakni dengan men-scan PC dengan antivirus ter-update dengan terlebih dahulu menonaktifkan system restore, andai antivirus itu tidak berjalan dampak perbuatan virus, jajaki dengan memakai antivirus portable atau scanner-nya saja laksana mcAfee stringer, PCMAV portable dll. yang dapat dicari dengan teknik 'googling'. Namun ingat, tool semacam tersebut hanya bermanfaat sebagai scanner-nya saja dan tidak mempunyai fitur real time protection.

  • Operating System Bermasalah.

Kemungkinan lainnya ialah Operating System yang bermasalah. Dan penyebabnya dapat jadi disebabkan oleh virus-virus atau unwanted program lainnya seperti kupasan poin di atas yang menyebabkan salahsatu atau sejumlah file urgen tidak bisa menjalankan prosesnya atau bahkan terhapus. Solusinya yakni dengan teknik menggunakan system restore, ingat kembali ketika terakhir kali komputer kamu berjalan baik-baik saja dan cari restore point di sekitaran waktu itu dan jajaki pulihkan.

Alternatif lain ialah dengan memakai fitur "Last Known Good Configuration". Caranya restart komputer anda, ketika komputer mengindikasikan logo mainboard atau pilihan guna masuk ke BIOS segera tekan tombol F8, andai gagal, restart kembali. Setelah sukses masuk ke menu tersebut, disana bakal ada opsi Advanced Boot Option dan pilih Last Known Good Configuration lantas tekan Enter.
  • Hardware Bermasalah.

Jika hardware yang menjadi masalah, kita sebenarnya tidak bisa berbuat tidak sedikit di samping mencoba mencuci socket-socket yang sedang di mainboard atau mengubah hardware tersebut sendiri dengan yang baru. Untuk mencuci socket-socket yang berasal dari power supply, kita dapat menggunakan semprotan pembersih eksklusif untuk perlengkapan elektronik yang tidak sedikit di jual di pasaran.

Bersihkan pula socket-socket yang mengarah ke harddisk dan drive optik siapa tahu dengan pemakaian jangka panjang menyebabkan korosi yang secara kasat mata tidak terlihat. Untuk mencuci modul kenangan atau RAM, kita dapat membersihkan unsur socket-nya memakai penghapus pensil dengan teknik menggosokannya pelan-pelan dan hati-hati hingga socket tersebut jernih / mengkilat kembali, pasti saja setelah dimulai terlebih dahulu dari tempatnya.

Setelah pekerjaan bersih-bersih selesai, pasang kembali laksana semula dan jajaki hidupkan PC. Jika PC tidak mengindikasikan perubahan apa-apa maka masalahnya dapat terbilang komlpeks, dan sekali lagi tidak dapat didiagnosa dengan teknik spontan.


Jika kamu merasa tak yakin dengan apa yang akan kamu lakukan, usahakan bawa PC kamu ke berpengalaman servis. Dikarenakan disini saya melulu memberi cerminan dan bukan menyajikan penyelesaian yang kongkrit, saya tidak menganjurkan untuk mengekor langkah-langkah yang saya kerjakan kecuali kamu sedikitnya memahami dan tahu apa yang mesti dilaksanakan seandainya persoalan terjadi.

Dan tersebut tadi telah saya kemukakan mengenai teknik Mengatasi Komputer Restart Terus Menerus laksana apa yang pernah saya alami dan saya mengupayakan untuk berbagi. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi kamu kawan-kawan semua. Salam Customations !.

Tidak ada komentar