Header Ads

test

Sejarah Hardware Atau Perangkat Keras Komputer - kursus komputer majalengka

Sejarah Hardware Atau Perangkat Keras Komputer



Sejarah Hardware, Komputer memang telah menjadi kebutuhan untuk setiap orang. Hampir masing-masing orang kini ini membutuhkan komputer guna mempermudah kegiatan nya. Sharing kali ini ialah tentang Sejarah Hardware komputer dan perkembangannya, kebalikan dari sejarah aplikasi yang saya sharing kemarin. Oke langsung saja mengenai sejarah hardware atau perlengkapan keras komputer.



Definisi Hardware Komputer

Istilah komputer mempunyai makna yang luas dan berbeda untuk setiap orang. Istilah komputer (computer) dipungut dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). 

Charles Babbage ialah seorang berpengalaman matematika bangsa inggris. Beliau membuat suatu mesin hitung yang dinamakan difference engine pada tahun 1822. Mesin tersebut digunakan untuk menghitung tabel-tabel matematika. pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang disebut analytical engine yang dapat mengemban kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliaupun dirasakan sebagai bapak komputer modern sebab sumbangan terhadap dunia paling besar. 

Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang berpengalaman matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang penbuatan suatu komputer yang dapat melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem berkolaborasi dengan perusahaan IBM menuntaskan kompute secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dipecah dalam sejumlah genarasi, cocok dengan keterampilan (capability), ongkos (efficiency), dan pemakaian yan gampang (user frendly). 
Berdasarkan keterangan dari Blissmer (1985), komputer ialah suatu perangkat elektronik yang dapat melakukan sejumlah tugas, yakni menerima input, memproses input cocok dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta meluangkan output dalam format informasi. 
Sedangkan menurut keterangan dari Sanders (1985), komputer ialah sistem elektronik guna memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output menurut instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam memori. 

Dan masih tidak sedikit lagi berpengalaman yang mengupayakan mendefinisikan secara bertolak belakang tentang komputer atau hardware komputer. Namun, pada intinya dapat diputuskan bahwa komputer ialah suatu perlengkapan elektronik yang bisa menerima input, mengubah input, menyerahkan informasi, memakai suatu program yang tersimpan di kenangan komputer, bisa menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. 

Dari pengertian tersebut ada tiga istilah penting, yakni input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan memakai komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data ialah kumpulan kejadian yang diusung dari suatu fakta (fakta), bisa berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau campuran dari ketiganya. 

Data masih belum bisa bercerita tidak sedikit sehingga perlu diubah lebih lanjut. Pengolahan data adalahsuatu proses manipulasi dari data ke dalam format yang lebih bermanfaat dan lebih berati, yakni berupa sebuah informasi. Dengan demikian, informasi ialah hasil dari suatu pekerjaan pengolahan data yang memberikan format yang lebih bermakna dari sebuah fakta. Oleh sebab itu, pengolahan data elektronik ialah proses manipulasi dari data ke dalam format yang lebih bermakna berupa sebuah informasi dengan memakai suatu perangkat elektronik, yakni komputer.

Baca Juga :  Kursus Desain Grafis

Sistem Komputer

Supaya komputer dapat dipakai untuk mengubah data, maka mesti berbentuk sebuah sistem yang dinamakan dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling bersangkutan membentuk satu kesatuan untuk mengemban suatu destinasi pokok dari sistem tersebut. 


Tujuan pokok dari sistem komputer ialah mengolah data guna menghasilkan informasi sampai-sampai perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perlengkapan keras (hardware), perangkat empuk (software), dan brainware. Perangkat keras ialah peralatan komputer tersebut sendiri, perlengkapan lunak ialah program yang mengandung perintah-perintah untuk mengerjakan proses tertentu, dan brainware ialah manusia yang tercebur di dalam mengoperasikan serta menata sistem komputer. Ketiga unsur sistem komputer itu harus saling bersangkutan dan menyusun satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat empuk tidak bakal berarti apa-apa, melulu berupa benda mati. Kedua perlengkapan keras dan lunak pun tidak dapat bermanfaat jika tidak ada insan yang mengoperasikannya. 

Perkembangan Komputer : 
  • Sejarah Hardware Generasi I



Generasi 1 : pada tahun 1946-1956, hardware generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa (vacuum tube). Komputer ini memerlukan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan familiar dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanannya melulu sekitar +/- 2000 byte dan guna menjalankan program dan pencetakan masih dilaksanakan secara manual.
  • Sejarah Hardware Generasi II



Hardware Generasi 2 : pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan status vacuum tube dalam menyimpan dan mengerjakan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan tidak banyak tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
  • Sejarah Hardware Generasi III




Hardware Generasi 3 : pada tahun 1964-1975. Intergrated circuit (IC) telah mulai dipakai pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang mengenalkan tekhnologi aplikasi yang gampang digunakan.
  • Sejarah Hardware Generasi IV



Hardware Generasi 4 : pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah memakai teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam suatu chip, teknologi ini dapat menampung jutaan circuit. Chip ini disebut dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan memiliki kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik. 
Terima kasih telah membaca tulisan Sejarah Hardware komputer, Jangan tak sempat share dan subscribe andai bermanfaat untuk kita semua..😊😉

Tidak ada komentar