Header Ads

test

Macam-macam hardware dan fungsinya - Kursus Komputer Majalengka

Macam-macam hardware dan fungsinya


Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut pun dengan nama “perangkat keras” ialah salah satu komponen dari suatu komputer yang sifat perangkat nya dapat dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang bermanfaat untuk menyokong proses komputerisasi.

Hardware bisa bekerja menurut perintah yang sudah ditentukan terdapat padanya, atau yang pun disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang bisa dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware itu dapat melakukan sekian banyak  kegiatan yang sudah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari sejumlah komponen yang adalahsuatu sistem. Sistem ialah komponen-komponen yang saling bekerja sama menyusun suatu kesatuan. Apabila di antara komponen tidak berfungsi, akan menyebabkan tidak berfungsinya proses-proses yang terdapat komputer dengan baik. Komponen komputer ini tergolong dalam kelompok elemen perlengkapan keras (hardware).

Berdasarkan fungsinya, perlengkapan keras komputer dipecah menjadi :

1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)

Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device ialah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device adalahkomponen ekstra atau sebagai komponen yang belum terdapat atau tidak terdapat sebelumnya. Komponen Periferal ini misalnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

1. Unit Masukan ( Input Device )

Unit ini bermanfaat sebagai media guna memasukkan data dari luar ke dalam suatu kenangan dan processor untuk diubah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya dipakai personal computer (PC) ialah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse ialah unit yang menghubungkan user (pemakai) dengan komputer. Selain tersebut ada joystick, yang biasa dipakai untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk memungut gambar sebagai gambar digital yang nantinya bisa dimanipulasi. Touch panel, dengan memakai sentuhan jari user dapat mengerjakan suatu proses akses file. Microphone, guna merekam suara ke dalam komputer.

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer bisa berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sementara maintenance input berbentuk program yang dipakai untuk mengubah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain dipakai untuk memasukkan data bisa pula dipakai untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, perlengkapan input bisa digolongkan menjadi dua yakni :

• Peratalan input langsung, yakni input yang dimasukkan langsung diproses oleh perangkat                     pemroses.   
  Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melewati media tertentu sebelum sebuah input diproses      oleh perangkat pemroses.
  Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit masukan atau perlengkapan input ini terdiri dari sejumlah macam peranti yakni :

a. Keyboard

Keyboard adalahunit input yang sangat penting dalam sebuah pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat bermanfaat memasukkan huruf, angka, karakter eksklusif serta sebagai media untuk user (pemakai) untuk mengerjakan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, laksana menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang dibuat dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dijual oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan kini ini ialah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard kini yang anda kenal memiliki sejumlah jenis port, yakni port serial, ps2, usb dan wireless.



Jenis-Jenis Keyboard :

1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG

Keyboard yang seringkali dipakai ialah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini serupa seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY mempunyai empat bagian yakni :

1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

b. Mouse

Mouse ialah salah unit masukan (input device). Fungsi perangkat ini ialah untuk eksodus pointer atau kursor secara cepat. Di samping itu, bisa sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai dipakai secara maksimal semenjak sistem operasi sudah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini didapatkan oleh bola kecil di dalam mouse, cocok dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya melulu dua tombol yang dipakai yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri dinamakan dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan bermanfaat bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, namun bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini bakal diabaikan. Selain tersebut ada pula istilah lainnya yang dinamakan dengan menggeser (drag) yaitu mengurangi tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan seraya digeser. Drag ini akan menyebabkan objek akan beralih atau tersalin ke objek beda dan bisa jadi lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan tertata disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan mengurangi tombol kanan mouse satu kali dinamakan dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari sejumlah port yakni mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

c. Touchpad



Unit masukkan ini seringkali dapat anda temukan pada laptop dan notebook, yakni dengan memakai sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat dipakai sebagai pengganti mouse. Di samping touchpad ialah model unit masukkan yang sejenis yakni pointing stick dan trackball.

d. Light Pen


Light pen ialah pointer elektronik yang dipakai untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen mempunyai sensor yang dapat mengantarkan sinyal cahaya ke komputer yang lantas direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik masing-masing baris per detik.

e. Joy Stick dan Games Paddle



Alat ini biasa dipakai pada permainan (games) komputer. Joy Stick seringkali berbentuk tongkat, sementara games paddle seringkali berbentuk kotak atau persegi tercipta dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan menata gerak sebuah objek dalam komputer.

f. Barcode



Barcode tergolong dalam unit masukan (input device). Fungsi perangkat ini ialah untuk menyimak suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang lantas diterjemahkan dalam format angka-angka. Kode-kode ini seringkali menempel pada produk-produk makanan, minuman, perangkat elektronik dan buku. Sekarang ini, masing-masing kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia guna mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

g. Scanner


Scanner ialah sebuah perangkat yang dapat bermanfaat untuk meng copy atau mencatat gambar atau teks yang kemudian ditabung ke dalam kenangan komputer. Dari kenangan komputer selanjutnya, ditabung dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini serupa seperti mesin fotocopy, perbedaannya ialah mesin fotocopy hasilnya dapat disaksikan pada kertas sementara scanner hasilnya dapat diperlihatkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga saya dan anda bisa melakukan perbaikan atau modifikasi dan lantas dapat ditabung kembali baik dalam format file text maupun file gambar. Di samping scanner guna gambar ada pula scan yang biasa dipakai untuk mendeteksi eksemplar jawaban komputer. Scanner yang biasa dipakai untuk mengerjakan scan eksemplar jawaban komputer ialah SCAN IR yang biasa dipakai untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang dinamakan Optik, yang bisa mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran ialah scanner guna meng-copy gambar atau photo dan seringkali juga dilengkapi dengan kemudahan OCR (Optical Character Recognition) guna mengcopy atau mencatat objek dalam format teks.

Saat ini sudah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja serupa seperti mesin scanner guna koreksi eksemplar jawaban komputer, biodata dan eksemplar isian seperti eksemplar isian untuk opsi sekolah. Dengan DMR eksemplar jawaban tidak mesti dibalas menggunaan pensil 2 B, namun dapat memakai alat tulis lainnya laksana pulpen dan spidol serta dapat memakai kertas biasa.

h. Kamera Digital


Perkembangan teknologi sudah begitu modern sehingga komputer dapat menerima input dari kamera. Kamera ini disebut dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dikomparasikan dengan teknik menyalin gambar yang memakai scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan perangkat ini paling membantu tidak sedikit kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak membutuhkan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang dipungut dengan kamera digital ditabung ke dalam kenangan kamera itu dalam format file, lantas dapat dialihkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran ketika ini ada sekian banyak  macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk memungut gambar statis hingga dengan kamera yang bisa merekan gambar hidup atau bergerak laksana halnya video.

i. Mikropon dan Headphone



Unit masukan ini bermanfaat untuk merekam atau memasukkan suara yang akan ditabung dalam kenangan komputer atau untuk memperhatikan suara. Dengan mikropon, saya dan anda bisa merekam suara ataupun dapat berkata kepada orang yang kita mau pada ketika chating. Penggunaan mikropon ini tentunya membutuhkan perangkat keras lainnya yang bermanfaat untuk menerima input suara yakni sound card dan speaker untuk memperhatikan suara.

j. Graphics Pads

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat menciptakan rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan memakai Graphics Pads. Graphics pads ini adalahinput masukan guna menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang dipakai mempunyai dua jenis. Pertama, memakai jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan menggunakan bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan itu ada permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang diantarkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, memakai bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa memakai jarum. Cara kerjanya ialah dengan menempatkan kertas gambar pada bantalan, lantas ditulisi dengan pensil.

2. Process device (unit Pemrosesan)
  1. Power Supplay                                                                                                                                Lower supplay meluangkan arus listrik untuk sekian banyak  peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan meluangkan aliran listrik tetap untuk dipakai komputer. Kualitas power supplay menilai kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay seringkali cukup untuk komputer yang dipakai untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt diperlukan jika komputer bekerja menggunakan tidak sedikit menggunakan Periferal ( unit tambahan).                                                                                             
  2. RAM (Random Access Memory)                                                                                                    RAM adalah singkatan dari Random Access Memory seringkali disebut dengan istilah pendek yakni Memori. Memory atau RAM adalahsebuah perlengkapan keras komputer yang bermanfaat sebagai lokasi penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data urgen yg diperlukan Processor dengan cepat untuk diubah menjadi informasi.                                                                                                                                                        
  3. Kartu grafis (unit keluaran)                                                                                                              Kartu grafis, atau kartu video ialah kartu perluasan yang bermanfaat untuk membuat dan memperlihatkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari susunan komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan faedah lain, seperti menciduk video, dan adaptor guna penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju sejumlah layar. Beberapa perusahaan yang menciptakan kartu grafis familiar antara lain ialah ATI, Matrox, dan NVIDIA.                                                                                                                                           
  4. Prosesor (unit pemprosesan)                                                                                                            Pengertian Prosesor, atau yang seringkali disebut dengan CPU, ialah otak dari komputer. Prosesor ialah komponen yang mengeksekusi perhitungan perumahan yang memungkinkan komputer untuk dapat digunakan mengembara internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.                                                                                                   
  5. Motherboard (unit pemprosesan)                                                                                                    Motherboard atau Papan induk ialah papan sirkuit tempat sekian banyak  komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perlengkapan keras laksana Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perlengkapan keras beda dihubungkan.
    Motherboard yang tidak sedikit ditemui dipasaran ketika ini ialah motherboard kepunyaan PC yang kesatu kali diciptakan dengan dasar supaya dapat cocok dengan spesifikasi PC IBM.

  
3. Output device ( Unit keluaran )
  1. Monitor                                                                                                                                            Monitor komputer ialah salah satu jenis soft-copy device, sebab keluarannya ialah berupa signal elektronik, dalam urusan ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil ialah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki sekian banyak  ukuran layar laksana layaknya suatu televisi. Tiap brand  dan ukuran monitor mempunyai tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang bakal menilai ketajaman gambar yang dapat diperlihatkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor ketika ini sudah paling beragam, mulai dari format yang besar dengan layar cembung, hingga dengan format yang tipis dengan layar datar (flat).                                                                                                   
  2. Printer                                                                                                                                              Printer adalahsebuah perlengkapan keras yang dihubungkan pada komputer yang bermanfaat untuk menghasilan cetakan baik berupa artikel ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer terdapat tiga macam, yakni jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.                                                                                                
  3. Speaker                                                                                                                                            Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker ialah transduser yang mengolah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan teknik menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

  1. Harddisk (HDD)                                                                                                                              Harddisk dapat juga dinamakan Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk ialah sebuah salah satu perlengkapan keras komputer yang bermanfaat sebagai lokasi penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk mengandung piringan magnetis. Harddisk kesatu kali dibuat oleh di antara insinyur IBM, ia ialah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang pun dikenal dengan nama piringan keras ini kesatu kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran menjangkau 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
    Data yang ditabung dalam harddisk tidak bakal hilang saat tidak diberi tegangan listrik. Dalam suatu harddisk, seringkali ada lebih dari satu piringan guna memperbesar kapasitas data yang bisa ditampung.
    Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil tetapi mempunyai daya tampung data yang paling besar. Harddisk saat pun tidak melulu dapat terpasang di dalam perlengkapan (internal) tetapi pun dapat dipasang di luar perlengkapan (eksternal) dengan memakai kabel USB ataupun kabel beda yang mendukung.
5. Periferal (unit tambahan)
  1. Modem                                                                                                                                            Pengertian Modulator ialah suatu susunan yang bermanfaat melakukan proses modulasi, yakni proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan supaya bisa dikirim ke penerima melewati media tertentu ( laksana media kabel atau udara), seringkali berupa gelombang sinus. Dalam urusan ini sinyal pesan disebut pun sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog.
Referensi:
Semoga berfungsi untuk menemukan update tips dan trik teranyar juragan dapat  Klik Disini!! 😇😅

Tidak ada komentar