Header Ads

test

Cara memasang watercooling di pada komputer - Kursus Komputer Majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

Cara memasang watercooling di pada komputer

1. Menyiapkan peralatan
Suksesnya sebuah pekerjaan seringkali dimulai dengan perlengkapan yang mencukupi dan lengkap. Bagi menginstalasi pendingin air, diperlukan sebuah tool serbaguna khusus guna yang gemar mengutak-atik PC. Gunakan Victorinox Cyber Tool no.34.

Tool mini ini dapat menggantikan seluruh isi kotak perlengkapan Anda. Di dalamnya ada tang, suatu gunting, obeng kembang kecil dan sedang. Selain tersebut kunci pas ukuran 13 dan 16 juga dipakai untuk mengencangkan sambungan.

2. Menyiapkan radiator
Pertama siapkan radiator. Dalam siklus pendinginan, radiator memastikan air bisa turun ke suhu yang lumayan dingin (biasanya selama 40 derajat). Tergantung tipenya, dengan sokongan 1-2 kipas berdiameter 12 cm yang berputar tanpa bising, radiator mengenyahkan panas terbit casing. Ketika memasang kipas perhatikan supaya panah dalam bingkai kipas menunjuk ke radiator dan kabel listrik bertemu di tengah.  (Baca Juga : Cara Melepas? Keyboard Laptop  &  Sejarah Monitor Dan perkembanganya)

3. Memasang radiator pada dinding samping casing
Kini ketika yang tepat guna memasang sambungan pipa ke dalam radiator. Bagi amannya, kencangkan pasangan sekrup dengan kunci pas ukuran 16 (cukup kencang tapi tidak boleh sampai terputar habis). Setelah tersebut pasanglah radiator pada dinding casing.
Sebuah single radiator (dengan 1 kipas) bisa dipasang di balik fan pada dibagian depan casing, lokasi masuknya udara segar. Pada casing tertentu, radiator dapat dipasang pada lokasi kipas di belakang CPU. Namun dual radiator yang pakai membutuhkan lebih tidak sedikit tempat. Untuk tersebut kami memakai ruangan pada dinding samping.
Disarankan untuk menciptakan celah dan lubang yang diperlukan di tukang yang berpengalaman. Solusi beda yang lebih baik ialah menggunakan casing yang memang dirancang khusus guna sistem water cooling yang kita gunakan. Apabila kita berencana guna mengerjakannya sendiri, waspadalah karena bahan casing yang terbuka paling tajam.

Innovatek menawarkan sistem pendinginan air inilah casing dalam satu paket. Akan namun untuk proyek ini, dipakai casing Silverstone TJ06 dengan dinding samping yang sudah dipersiapkan guna produk Innovatek ini.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Desain Grafis

4. Melengkapi radiator dengan adaptor tegangan
Kipas seringkali digerakkan dengan daya 12 V. Frekuensi putarnya pun bermacam-macam cocok spesifikasi. Grill radiator pada pendingin air telah menelan tidak sedikit panas sampai-sampai sepasang kipas 12 V bakal terasa terlampau besar.

Untuk water cooling, dianjurkan untuk memakai kipas 5-7 V untuk mengawal komponen tetap dingin. Dengan demikian, Anda pun akan menemukan sistem PC yang hampir tanpa bunyi.

Untuk memasangnya, hubungkan kabel listrik kedua kipas, kemudian hubungkan koneksi ini dengan adaptor tegangan yang disertakan. Langkah selanjutnya, hubungkan ke power supply.

5. Memasang pendingin air pada graphics card
Kini kita berpindah ke graphics card, di antara sumber utama kebisingan dalam tidak sedikit PC. Kali ini anda akan memodifikasi ATI All-in-Wonder X800XL PCI Express guna mengadopsi sistem water cooling. Caranya serupa dengan tipe card lainnya.

Sebelum kita mulai membuka pendingin standar dari graphics card, terdapat 2 daftar penting. Pertama: Dengan modifikasi, jaminan graphics card bakal hilang. Oleh karena tersebut periksalah terlebih dulu semua faedah card. Kedua: Manusia mempunyai muatan statik yang mengalir saat yang terkaitmenyentuh benda logam (misalnya pegangan pintu). Apabila muatan statik itu mengalir ke graphics card, dapat menyebabkan kehancuran fatal.

Tidak tidak sedikit pemakai yang mempunyai alat anti statik. Oleh karena tersebut usahakan alasi graphics card kita dengan kemasan antistatik. Lepaskan pula muatan statik kita dari masa-masa ke masa-masa dengan memegang benda logam.

Di sini berlaku motto "Less is better!" Cukup setetes pasta penghantar panas dioleskan merata untuk masing-masing komponen, telah cukup. Fungsinya khususnya meratakan permukaan komponen supaya tidak terdapat celah mengandung udara. Pasta ialah penghantar panas yang sedang. Udara adalahpenghantar panas yang buruk.

Tip: kita dapat memakai kartu nama yang telah tidak diperlukan untuk mengoleskan pasta penghantar panas secara merata.

Untuk mengayomi komponen di sekitarnya, tempelkan suatu bantal busa salah satu komponen graphics card dan plat plastik tersebut, langsung pada sisi belakang prosesor 3D.

Elemen pendingin air ini melulu membutuhkan 3 sekrup penyokong pada unsur luar. Kencangkan ketiga sekrup ini bergantian tidak banyak demi tidak banyak (seperti saat Anda memasang ban mobil). Maksudnya supaya tekanannya menjadi merata. Lakukan urusan yang sama saat menyekrup plat plastik.  (Baca Juga : Install Windows 7 Pakai Sistem Ghost, Memperbaiki Harsisk Yang Rusak )

6. Memasang pendingin air pada CPU
Sebagian besar panas casing berasal dari CPU. Kipas CPU pun adalahsumber suara sangat bising. Mengganti kipas CPU dengan pendingin air tidaklah sulit. Pertama lepaskan kipas dengan hati-hati. Mungkin butuh diputar tidak banyak ke kiri dan kanan guna menghilangkan daya rekat pasta.

Hati-hati! Apabila asal mencabut, CPU dapat ikut terlepas dari soketnya. Setelah tersebut bersihkan chip dari saldo pasta.

Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

Selanjutnya lepaskan bingkai soket pribumi dari mainboard dan pasang bingkai yang tepat. Pada paket penjualan water cooling, seringkali bingkai ini sudah disertakan cocok tipe CPU Anda. Jangan lupa, sebelum menanam pendingin air, oles tipis CPU dengan pasta penghantar panas. Akhirnya pasang pengencang pada kedua lubang bingkai soket, kemudian tariklah tuas pengencang, selesai.

7. Memasang pompa ke dalam PC 
Pasanglah 4 sekrup karet pada pelat aluminium. Langkah ini dimaksudkan guna mengisolasi getaran pompa yang berasal dari casing PC. Kemudian pasang pompa pada sekrup-sekrup karet. Kencangkan dengan plat kecil dan mur yang disertakan dengan memakai tang kecil. Kini saatnya kita melengkapi pompa dengan sambungan pipa dan tabung reservoir. Supaya aman kencangkan sekrup-sekrup dengan kunci pas ukuran 13. Tempatkan reservoir di atas ujung pompa yang bulat.

Di dalam casing, dengan lem perekat yang disertakan, unit pompa ini ditaruh di dalam casing unsur depan, dengan tabung reservoir menghadap ke luar (gambar 11). Peletakan di posisi ini pasti menjadi praktis sebab menjadi satu dengan casing. Jika diinginkan, Anda dapat meletakkannya di luar casing.

8. Menghubungkan unsur pendingin dengan pipa
Apabila seluruh komponen telah berada dalam casing, pemasangan pipa dapat dimulai. Bagi itu, letakkan casing yang tersingkap di hadapan kita dengan dinding samping inilah radiator di depannya. Hubungkan pipa dari tabung reservoir ke graphics card, kemudian ke CPU, radiator dan terakhir pompa.

Ukurlah panjang pipa yang diperlukan dan potong tegak lurus. Usahakan supaya pipa tidak terlampau panjang ataupun terlampau pendek. Pipa yang terlampau panjang pasti dapat mengganggu sistem pengkabelan.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Desain Grafis


Pada tiap sambungan, buka mur dan tempatkan di atas ujung pipa yang bakal dipasang. Selanjutnya kencangkan mur dengan kunci pas ukuran 16. Pastikan bahwa seluruh sambungan sudah aman. Kini sistem kita tampak laksana dalam gambar 11.



Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

9. Menyiapkan pompa guna pengisian air
Seperti terlihat dalam gambar, hubungkan pompa dengan konektor kabel power pada power supply. Di samping pompa, jangan ada perlengkapan lain yang terhubung dengan power supply. Pada tahapan ini, pompa bakal difungsikan guna pengisian air saja. Jika PC digiatkan tanpa sistem pendingin, komponen dapat rusak dampak kepanasan.

Power supply tidak bakal hidup tanpa koneksi ke motherboard, karena tersebut kita bisa mengakalinya dengan konektor bridge yang disertakan.

Kabel hitam bakal mensimulasikan koneksi board untuk power supply. Setelah posisi saklar dipindah, pompa mulai bekerja. Jika tidak terdapat konektor ini, hubungkan saja kabel hijau power supply dengan kabel hitam (pin 17 dan 18).

10. Mengisi air ke dalam tabung reservoir
Jika pompa berfungsi, air bakal mengalir. melewati pipa ke komponen pendingin (water block). Bagi mengisinya, pakai air yang sudah disertakan. Biasanya tiap paket water cooling sudah menyediakannya. Innovatek contohnya, menyertakan air penyulingan dengan ekstra bahan kimia untuk mengawal kesegaran air. Jika Anda memakai air penyulingan tanpa pengawet, gantilah air paling tidak masing-masing 2 tahun.


Awas ! :Jangan sekali-sekali memakai air PAM atau sumur sebab berisi tidak sedikit bakteri yang bakal berkembang biak dalam masa-masa singkat serta merusak efek pendinginan.

Tuangkan air tidak banyak demi tidak banyak ke dalam tabung sampai batas bawah. Tunggu sampai pompa menyalurkan air. Lanjutkan memenuhi secara bertahap sampai pompa berhenti berbunyi.

11. Babak akhir dan uji coba
Setelah air mengalir dalam siklus, periksalah apakah terdapat kebocoran. Jika terdapat air yang menetes, seringkali mur tidak cukup kencang. Jika pompa masih berbunyi mengherankan walau tampak telah penuh, ada teknik khusus: Pegang dinding casing inilah radiator dengan kedua tangan dan ayunkan laksana bila Anda hendak meratakan minyak dalam kuali.


Jika sesudah 15 menit seluruh masih kering dan pompa tidak lagi menerbitkan bunyi aneh, tutup tabung. Kini kita dapat menarik keluar konektor bridge dari power supply dan mulai memasang kabel-kabel dalam PC.

Memasang dinding samping casing inilah radiator memerlukan kecermatan. Jarak-jaraknya mesti diukur tepat. Posisi sambungan yang salah dapat menghalangi pemasangan. Jika tidak cukup pas, aturlah guna mengoreksi posisinya. Kecermatan juga diperlukan ketika memasang pipa, jangan tertekuk atau tergencet. Semuanya dilakukan supaya semua komponen dapat bermanfaat edngan baik. Pipa tergencet misalnya, akan merintangi jalur air.

12. Pendinginan air tingkat lanjut
Di samping prosesor dan graphics card, chipset atau hard disk dengan frekuensi tinggi yang bising juga sesuai didinginkan dengan water cooling. Anda dapat mendapatkan water block yang tepat untuk seluruh komponen tersebut. Sebaliknya dengan power supply, tidak ada tahapan aman guna mengadopsi water cooling di komponen ini. Sebagai tips tambahan, hindari pemakaian air dengan ekstra bahan fluoresens, sebab kemungkinan dapat mengakibatkan karat pada logam.

Jika kita sama sekali tidak mentolerir kipas, pilihannya ialah radiator pasif (gambar kiri seri Konvekt-O-Matic, harga mulai US$80 di Innovatek) yang memastikan pertukaran panas melewati material eksklusif (air cooled). Radiator pasif ini bisa ditempatkan di unsur samping PC atau dengan tidak banyak keterampilan, disekrup pada unsur luar dinding casing. Lubang-lubang yang diperlukan tentu mesti kita bor sendiri.



Cari Sekolah?? Sekolah Kejuruan Terbaik

Sekian semoga membantu.... :D

Tidak ada komentar