Header Ads

test

15 Manfaat dari Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi - kursus komputer majalengka

Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka

Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

15 Manfaat dari Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi



Teknologi komunikasi dan informasi ialah teknologi yang diperlukan untuk mengubah informasi dengan memakai komputer elektronik, perlengkapan komunikasi dan software perangkat empuk untuk mengkonversi, menyimpan, melindungi, memproses, mengirimkan, dan memanggil pulang informasi kapan juga dan dimana pun.

Kehadiran pelbagai teknologi komunikasi dan informasi yang kita pakai saat ini bukanlah hasil kerja semalam laksana legenda Candi Prambanan tetapi adalahhasil kerja sekitar berabad-abad lamanya yang dilaksanakan oleh semua ahli. Melalui sejarah pertumbuhan teknologi komunikasi dan sejarah pertumbuhan teknologi informasi, tampak bahwa pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi dari masa-masa ke waktu berlangsung dengan yang paling cepat.

Jika di masa kemudian proses penyebarluasan informasi untuk khalayak luas dilaksanakan secara tradisional atau memakai teknologi tradisional maka di era informasi dan digital seperti kini proses penyebarluasan informasi dilaksanakan melalui teknologi baru yang jauh lebih canggih. Informasi juga dapat diantarkan dalam sekian banyak  macam format seperti teks atau gambar dan melalui sekian banyak  peralatan teknologi informasi dan komunikasi laksana telepon pintar, televisi, dan media komunikasi canggih lainnya.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang paling cepat ini pastinya memberikan guna yang besar untuk kehidupan manusia. Berbagai bidang kehidupan manusia sekarang mulai menerapkan sekian banyak  perangkat berteknologi baru guna mempermudah komunikasi dan pekerjaan.

Adapun guna dari pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi untuk manusia ialah sebagai inilah :

1. Berkomunikasi menjadi lebih gampang dan cepat

Manfaat dari pertumbuhan teknologi dan informasi yang kesatu ialah memudahkan dan mempercepat komunikasi. Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi baru telah memunculkan revolusi komunikasi di semua dunia. Di masa lalu, diperlukan waktu yang paling lama untuk mendapat  atau mengantarkan pesan untuk orang lain.

Kini, komunikasi dapat dilaksanakan dengan sangat gampang dan cepat berkat adanya internet sebagai media komunikasi. Melalui koneksi internet yang cepat, saya dan anda bisa berkomunikasi melewati surat elektronik, konferensi video, dan lain-lain secara cepat sampai-sampai menghemat masa-masa dan biaya.

Baca Juga :   Kursus Programer Terbaik 

2. Memudahkan akses informasi

Di samping memberikan fasilitas dalam berkomunikasi, kehadiran internet pun memberikan fasilitas dalam mengakses informasi. Kini anda dengan gampang dapat mengakses dan mendapat  jenis-jenis informasi maupun jenis-jenis berita dengan gampang kapan juga dan dimana pun. Kemudahan mengakses informasi memberi akibat pada semakin bertambahnya pengetahuan yang anda miliki.

3. Mempersingkat masa-masa dan memangkas biaya

Dalam dunia industri, masa-masa dan ongkos sangat urgen dalam produksi. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, produksi dilaksanakan secara manual serta memerlukan waktu dan ongkos yang tidak sedikit

sebab sepenuhnya bergantung pada tenaga manusia.

Setelah kehadiran teknologi komunikasi dan informasi, buatan dapat dilaksanakan setiap hari, cepat dan ongkos pun bisa dipangkas. Hal ini sekaligus dapat menambah laba untuk setiap perusahaan.

4. Proses perdagangan dilaksanakan secara elektronik


Dalam dunia bisnis, perdagangan ialah kegiatan pertukaran, pembelian, dan penjualan sekian banyak  macam komoditas untuk sejumlah besar orang yang melibatkan pergerakan dari satu lokasi ke lokasi lain. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, perdagangan dilaksanakan secara barter atau bertukar barang.

Sistem perniagaan barter ini lantas berganti dengan sistem pembayaran seiring dengan ditemukannya perangkat pembayaran. Proses jual beli pun dilaksanakan dengan memakai alat pembayaran yang sah. Sistem semacam ini menciptakan proses perniagaan berjalan dengan paling lambat dan berbiaya mahal. Tak jarang semua pemasar mesti mencari teknik untuk menjual produknya ke pasar global.

Seiring dengan pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi, perdagangan sekarang dapat dilaksanakan secara elektronik atau e-commerce. E-commerce memegang peran yang sangat urgen dalam ekonomi sebab didalamnya terdapat proses perniagaan yang memungkinkan konsumen untuk menggali dan melakukan pembelian produk secara daring.

5. Transaksi secara daring




Terkait dengan perniagaan secara daring, proses transakasi pun sekarang dapat dilaksanakan secara daring. Hal ini dapat anda temui dalam sistem perbankan. Sebelum berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, sistem perbankan dilaksanakan secara manual dengan teknik mengambil deposit secara langsung. Di samping itu, transaksi juga melulu dapat dilaksanakan selama jam kerja dan hari kerja.

Namun, kehadiran teknologi komunikasi dan informasi telah mengolah sistem perbankan menjadi lebih maju. Kini proses transaksi dapat dilaksanakan selama 24 jam, kapan juga dan dimana pun. Berbagai layanan perbankan secara daring juga kini tidak sedikit ditawarkan laksana layanan daring, dan lain-lain.

6. Membuat proses komunikasi pembelajaran menjadi semakin menarik



Teknologi komunikasi dan informasi baru tidak melulu dimanfaatkan di bidang ekonomi melainkan pun di bidang pendidikan. Saat ini, sekian banyak  media pembelajaran yang berbasis komputer dan internet mulai dipakai di dunia pendidikan. Kegiatan belajar melatih tidak lagi melulu terjadi di ruang ruang belajar namun dapat dilaksanakan secara daring.

Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi di dunia edukasi semacam ini lazim dinamakan dengan e-learning. Dengan e-laerning, sekian banyak  materi pembelajaran juga disajikan secara multimedia yang sekaligus merupakan ciri khas media pembelajaran atau ciri-ciri media pembelajaran yang lebih modern sebab memiliki keterampilan untuk memantau pekerjaan pembelajaran jarak jauh secara real-time.

7. Membantu proses komunikasi pemerintahan

Manfaat dari pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi lainnya ialah membantu proses komunikasi pemerintahan.

Kini, teknologi komunikasi dan informasi juga mulai merambah ke dalam pemerintahan. Berbagai sistem pemerintahan di semua dunia mulai memakai teknologi informasi guna menyuguhkan akses untuk masyarakat untuk mendapat  informasi pemerintah yang dikenal dengan e-government. Hak penduduk negara untuk mendapat  informasi yang jelas, akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan pun bisa terpenuhi.

8. Komunikasi tanpa batas

Kehadiran internet sebagai hasil dari pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi telah menyerahkan pengaruh pada komunikasi antar manusia. Kehadiran internet sebagai hal pendukung komunikasi online telah menciptakan komunikasi dan informasi menjadi tanpa batas.

Kita dapat memahami informasi tentang sekian banyak  peristiwa di semua dunia dan berkomunikasi dengan orang-orang di semua dunia. Kita tidak butuh harus pergi ke sekian banyak  negara guna berkomunikasi dengan rekan atau siapa juga yang terdapat di negara seberang.

9. Berbagi informasi secara efektif

Semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi menyebabkan semakin mudahnya anda saling bertukar informasi dengan orang-orang di semua dunia. Orang-orang bisa saling berbagi dan bertukar informasi, pendapat, atau berita melewati diskusi kumpulan atau forum-forum daring lainnya dan dominan  pada semakin meningkatnya pengetahuan.

10. Membuka kesempatan untuk bisa bekerja secara daring

Bekerja secara daring atau bekerja jarak jauh ialah salah satu guna lain dari pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi.

Kini, tidak sedikit sekali orang lebih menyenangi untuk bekerja secara daring sebab mempertimbangkan sekian banyak  macam hal laksana lebih nyaman meminimalisir pengeluaran ongkos transportasi yang mesti dikeluarkan oleh karyawan, meminimalisir waktu guna pergi dan kembali kerja, tingkat stress yang lebih rendah, dan lain-lain.

Namun, guna dapat bekerja secara daring perlu menyimak hal-hal yang bisa menunjang kerja daring laksana insfrastruktur teknologi informasi yang berkualitas, literasi komputer yang baik, jenis kegiatan yang dapat dilaksanakan di sekian banyak  tempat dengan memakai komputer dan progam komputer tertentu, karyawan yang mempunyai sikap profesional dalam bekerja, dan lain-lain.

11. Membentuk komunitas virtual

Istilah komunitas virtual atau komunitas online mencakup sekelompok orang yang berkomunikasi melewati jejaring sosial, forum, layanan pesan instan, atau juga blog. Disebut komunitas sebab terdiri dari sekelompok orang yang mempunyai minat dan hobi yang sama dan berpartisipasi dalam kumpulan yang dibentuk.

Sementara itu, dinamakan virtual sebab mereka tidak melibatkan kontak fisik. Manfaat komunitas online tentu paling beragam, di samping di samping sebagai wadah kreatifitas dan saling berbagi informasi, komunitas virtual atau komunitas online pun dapat mempererat silaturahmi salah satu anggota kelompok.

12. Memangkas ongkos komunikasi

Manfaat dari pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi selanjutnya ialah dapat memangkas ongkos komunikasi. Dulu, saat teknologi komunikasi dan informasi belum berkembang laksana sekarang, ongkos komunikasi begitu membengkak. Bagi berkomunikasi antar kota melewati jaringan telepon dibutuhkan ongkos yang tidak sedikit.

Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, sekian banyak  peralatan komunikasi laksana telepon pintar juga diproduksi secara massal dan dengan harga yang terjangkau.

Setiap orang bisa berkomunikasi dengan siapa pun, dimanapun dan kapan pun. Bagi berkomunikasi jarak jauh, sepanjang terhubung dengan internet, dapat dilaksanakan melalui sekian banyak  layanan pesan instan dan ongkos nya juga terjangkau. Hal ini pun memungkinkan orang-orang guna mempunyai akses terhadap data yang berlimpah dengan harga bersaing.

13. Terciptanya pelbagai alat berteknologi modern

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi tak dipungkiri dominan  pada ditemukannya sekian banyak  peralatan yang berteknologi modern. Alat-alat ini pasti sangat berfungsi dan menolong kehidupan insan di sekian banyak  bidang bila dipakai sesuai dengan fungsinya.

Misalnya, komputer. Setelah kelahiran komputer generasi kelima, sekarang teknologi komputer menjadi semakin canggih, modern, dan memuaskan. Semakin canggihnya kinerja komputer tentu paling bermanfaat untuk kehidupan insan di sekian banyak  bidang laksana kesehatan, pendidikan, militer, dan lain-lain.

14. Terciptanya lingkungan yang tanpa kertas

Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi secara tidak langsung telah membuat lingkungan yang tanpa kertas. Dalam artian, sekian banyak  informasi sekarang tidak lagi ditabung dalam format hardcopy tetapi softcopy sampai-sampai dapat ditabung dan dipanggil kembali melewati media digital bila diperlukan.

Misalnya komunikasi online atau komunikasi daring yang dilaksanakan melalui surat elektronik, pesan instan dan beda sebagainya sejatinya menolong menciptakan lingkungan tanpa kertas.

Semakin tidak banyak jumlah kertas yang dipakai maka lingkungan hidup pun bakal akan semakin terjaga seiring dengan semakin terjaganya ekosistem hutan dampak semakin sedikitnya jumlah pohon yang ditebang sebagai bahan utama penciptaan kertas.

15. Lingkungan lebih terjaga

Manfaat dari pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi yang terakhir ialah membuat lingkungan selama menjadi lebih terjaga. Mengapa demikian? Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi pasti akan dominan  pada semakin banyaknya jumlah perlengkapan baru yang diproduksi.

Orang-orang pun ingin akan melakukan pembelian produk baru yang berteknologi baru untuk menunjang pekerjaannya. Hal ini dominan  pada bukan lagi digunakannya perlengkapan lama sebab tidak cocok dengan kebutuhan. Akibatnya perlengkapan lama itu akan dibuang.

Agar tidak merusak lingkungan, kini sekian banyak  komponen komputer atau perlengkapan lainnya bisa didaur ulang. Banyak sekali perusahaan yang menyerahkan layanan guna mendaur ulang komputer supaya aman dilemparkan atau dipasarkan dalam format baru.

                     Manfaat Mempelajari Manfaat dari Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi
Mempelajari guna dari pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi bisa memberikan sejumlah manfaat, diantaranya ialah :
  1. Kita dapat memahami dan mengetahui pengertian teknologi komunikasi dan informasi.
  2. Kita dapat memahami dan memahami sekian banyak  manfaat pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi.
Referensi:


Semoga berfungsi untuk menemukan update tips dan trik teranyar juragan dapat  Klik Disini!! 😇😅

Demikianlah pembahasan singkat tentang guna dari pertumbuhan teknologi komunikasi dan informasi. Semoga dapat meningkatkan awasan dan pengetahuan anda teknologi komunikasi dan informasi dan manfaatnya di sekian banyak  bidang kehidupan.

Tidak ada komentar