Header Ads

test

Pengertian Topologi Jaringan - kursus komputer majalengka

Pengertian Topologi Jaringan



Apa tersebut topologi jaringan? Pengertian Topologi Jaringan komputer ialah metode atau teknik yang digunakan supaya dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang dipakai untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dapat dengan memakai kabel ataupun nirkabel (tanpa kabel).

Pada pelaksanaannya, ada sejumlah macam topologi jaringan komputer yang dipakai sesuai dengan skala jaringan, tujuan, biaya, dan pemakainya. Beberapa macam topologi jaringan tersebut ialah topologi ring, topologi bus, topologi star, topologi mesh, dan topologi tree.

Masing-masing jenis topologi itu memiliki keunggulan dan kelemahan sehingga dalam pemakaiannya mesti benar-benar menyimak peruntukkannya.


1. Pengertian Topologi Jaringan Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Beberapa ilmu di bidang teknologi informasi (baca: Pengertian Teknologi Informasi) pernah menyatakan tentang definisi topologi jaringan komputer tersebut, diantaranya merupakan:

1. Zymon Machajewski
Berdasarkan keterangan dari Zymon Machajewski definisi topologi jaringan ialah seperangkat komputer yang saling terhubung secara bersamaan satu dengan lainnya dengan destinasi utama, yakni guna saling berbagi sumberdaya. Internet ialah salah satu sumberdaya yang ketika ini tidak sedikit digunakan di dalam sebuah jaringan komputer.

2. Jafar Noor Yudianto
Berdasarkan keterangan dari Jafar Noor Yudianto definisi topologi jaringan ialah suatu sistem yang terdiri atas sebuah sejumlah komputer yang didesain untuk dapat saling berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web).

3. Umi Proboyekti
Berdasarkan keterangan dari Umi Proboyekti definisi topologi jaringan ialah suatu sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan namun saling bersangkutan dalam mengerjakan tugasnya. Contoh, dua buah komputer dapat disebutkan terhubung andai keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksi tersebut dapat melalui: kawat tembaga, fiber optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.

4. Abdul Kadil
Berdasarkan keterangan dari Abdul Kadil definisi topologi jaringan ialah suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang destinasi utamanya yakni untuk mengerjakan pertukaran data.

5. Izaas El Said
Berdasarkan keterangan dari Izaas El Said pengertian topologi jaringan komputer ialah sebuah sistem dimana terdapat sejumlah komputer yang saling terhubung, supaya bisa saling berbagi informasi dan pun sumber daya yang dimilikinya.

6. Budhi Irawan
Berdasarkan keterangan dari Budhi Irawan definisi topologi jaringan komputer ialah suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perlengkapan jaringan lainnya yang saling berkolaborasi untuk menjangkau suatu destinasi yang sama.

7. Kristanto
Berdasarkan keterangan dari Kristanto definisi topologi jaringan komputer ialah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan menggunakan satu protokol komunikasi sampai-sampai semua komputer yang saling terhubung tersebut dapat berbagi informasi, program, sumber daya dan juga dapat saling memakai perangkat keras lainnya secara bersamaan, contohnya printer, harddisk, lain-lain.
2. Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Seperti yang sudah dilafalkan sebelumnya, ada sejumlah macam topologi jaringan komputer yang tidak jarang digunakan. Berikut ini ialah pengertian macam-macam topologi jaringan komputer beserta gambarnya, serta penjelasan keunggulan dan kelemahan topologi jaringan komputer tersebut:

1. Topologi Ring



Topologi ring atau tidak jarang disebut dengan topologi cincin adalahsuatu topologi jaringan yang digunakan untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah susunan yang berbentuk melingkar laksana cincin. Jenis topologi jaringan ini umumnya melulu menggunakan LAN card supaya masing-masing komputer terkoneksi.

2. Topologi Bus



Topologi bus ialah topologi jaringan yang lebih sederhana. Pada lazimnya topologi jaringan ini dilaksanakan pada installasi jaringan berbasi kabel coaxial.

Topologi bus menggunakan kabel coaxial pada sepanjang node client dan konektor. Jenis konektor yang digunakan ialah BNC, Terminator, dan TBNC.

3. Topologi Star



Topologi star atau disebut pun dengna topologi bintang ialah topologi jaringan berbentuk bintang dimana pada umumnya menggunakan hub atau switch guna koneksi antar client. Topologi jaringan komputer ini sangat sering dipakai saat ini sebab memiliki tidak sedikit kelebihan.

4. Topologi Mesh



Topologi mesh ialah sebuah topologi yang dapat digunakan guna rute yang banyak. Jaringan pada topologi ini memakai kabel tunggal sampai-sampai proses ekspedisi data menjadi lebih cepat tanpa melewati hub atau switch.

5. Topologi Tree



Topologi tree atau topologi pohon ialah hasil penggabungan dari topologi bus dan topologi star. Topologi tree pada umumnya digunakan untuk interkoneksi antara hirarki dengan pusat yang berbeda-beda.

6. Topologi Peer to Peer


Topologi peer to peer ialah topologi jaringan yang paling sederhana karena melulu menghubungkan 2 komputer. Pada lazimnya topologi peer to peer menggunakan satu kabel saja guna menghubungkan kedua komputer supaya bisa saling sekian banyak  data.

7. Topologi Linier


Topologi linier atau tidak jarang disebut dengan topologi bus berurut. Topologi ini umumnya melulu memakai satu kabel utama sebagai konektor setiap titik sambungan pada masing-masing komputer.

8. Topologi Hybrid


Topologi Hybrid ialah gabungan dari sejumlah topologi yang bertolak belakang dan membentu jaringan baru. Dengan kata lain, andai ada dua atau lebih topologi yang bertolak belakang terhubung dalam satu jaringan maka topologi jaringan itu akan menyusun topologi hybrid.


Terima kasih telah membaca tulisan Topologi Jaringan, Jangan tak sempat share dan subscribe andai bermanfaat untuk kita semua..😊😉

  

Tidak ada komentar