Header Ads

test

Softwere Pada Komputer -kursus komputer majalengka

Software Pada Komputer
kursus komputer majalengka



Perangkat empuk atau peranti empuk (bahasa Inggris: software) ialah istilah khusus guna data yang diformat, dan ditabung secara digital, tergolong program komputer, dokumentasinya, dan sekian banyak  informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer.

Dengan kata lain, unsur sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perlengkapan keras komputer.

Pembuatan perlengkapan lunak tersebut sendiri membutuhkan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh seorang pemrogram guna selanjutnya dikompilasi dengan software kompiler sampai-sampai menjadi kode yang dapat dikenali oleh mesin hardware.

Baca Juga : Kursus Desain Grafis Majalengka

Perangkat empuk seperti Windows atau Linux dapat disebut sebagai nyawa dari komputer, di mana tanpa diinstal sistem operasi itu maka komputer tidak bisa dijalankan.

 Perangkat empuk sistem operasi seringkali tersimpan di partisi C sehingga ketika komputer merasakan masalah, partisi C yang terpapar imbas. Perangkat empuk lain pun tersimpan di partisi C yang bilamana komponen bukan lagi berjalan maksimal bisa diuninstal dan diinstal ulang.

Data-data beda lebih baik ditabung di partisi D sehingga ketika software terpapar virus atau tidak berlangsung normal pulang maka bisa diinstal ulang dan data urgen dapat diselamatkan.

Baca Juga : Kursus Programer Majalengka

Di bawah ini ada sejumlah contoh macam perlengkapan lunak, yaitu:

  • Perangkat lunak software (application software) laksana pengolah kata, eksemplar tabel hitung, pemutar media, dan paket software perkantoran laksana OpenOffice.org. 
  • Sistem operasi (operating system) contohnya Linux dan Windows. 
  • Perkakas pengembangan perangkat empuk (software development tool) laksana Kompilator guna bahasa pemrograman tingkat tinggi laksana Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yakni bahasa rakitan. 
  • Pengendali perlengkapan keras (device driver) yakni penghubung antara perlengkapan perangkat keras pembantu, dan komputer ialah software yang tidak sedikit dipakai di swalayan, dan pun sekolah, yaitu pemakaian barcode scanner pada software database lainnya.Kesalahan pengutipan: Tag tidak sah; nama tidak sah; misalnya, terlampau banyak 
  • Perangkat empuk menetap / Perangkat empuk tegar (firmware) laksana yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh. 
  • Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat empuk sumber tersingkap (open source software) 
  • Perangkat lunak cuma-cuma (freeware) 
  • Perangkat empuk uji jajaki (shareware / trialware) 
  • Perangkat empuk perusak (malware)

Tidak ada komentar